Hide Menu

Sering Naik Pesawat tapi Gak Tahu 4 Beda Bagasi Kabin dan Bagasi Tercatat? Buruan Catat!

Perbedaan Terletak pada Barang Bawaan, Batasan Berat Benda, dan Lainnya Temukan di Artikel Berikut!

Artikel Beda Bagasi Kabin dan Bagasi Tercatat ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Beda Bagasi Kabin dan Bagasi Tercatat 2024
© freepik.com/natalialba

Istilah Bagasi Pesawat Secara Umum

Istilah Bagasi Pesawat Secara Umum
istockphoto.com/straty

Sebelum membicarakan arti bagasi pesawat, mari telaah terlebih dahulu definisi bagasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Definisi bagasi menurut KKBI yaitu sebagai suatu tempat atau bagian tertentu pada suatu kendaraan. Fungsinya sendiri ialah untuk memuat barang-barang yang terdapat di sebuah kendaraan.

Pengertian ini tidak jauh beda dengan arti bagasi dalam dunia penerbangan. Definisi bagasi pesawat dalam dunia penerbangan merupakan barang-barang pribadi berupa artikel ataupun benda milik penumpang yang mereka bawa masuk ke dalam sebuah penerbangan dengan seizin maskapai. Fungsinya yaitu sebagai pemenuhan kebutuhan selama perjalanan terbang.

Dari penjelasan di atas, bisa tim Plesir simpulkan bahwa bagasi pesawat adalah sebuah tempat di mana barang-barang milik penumpang dapat disimpan. Kemudian, untuk memuat semua barang bawaan penumpang sesuai dengan ketentuannya, maskapai membedakan bagasi pesawat menjadi 2 jenis, yaitu bagasi kabin dan bagasi tercatat.

Tahukah Anda apa beda bagasi kabin dan bagasi tercatat? Padahal sama-sama bagasi tapi kenapa berbeda? Mari simak perbedaan kedua hal ini melalui penjelasan di bawah!

Apakah Arti Bagasi Kabin?

Apakah Arti Bagasi Kabin?
istockphoto.com/yacobchuk

Bagasi kabin merupakan barang atau benda milik penumpang yang boleh mereka bawa masuk ke dalam pesawat yang akan mereka simpan di ruang kabin. Rosalita A dan Bambang E (2015) mengatakan bahwa bagasi kabin adalah barang kepunyaan setiap penumpang pesawat yang mana pengawasannya di bawah penumpang itu sendiri.

Selain daripada itu, pengertian bagasi kabin (cabin) lainnya ialah ruangan di dalam pesawat yang bisa penumpang akses. Baik penumpang di kelas ekonomi, business, maupun first class sekalipun. Adapun barang yang boleh masuk ke dalam bagasi kabin harus sesuai dengan ketentuan dari setiap maskapai.

Apa yang Dimaksud Bagasi Tercatat?

Apa yang Dimaksud Bagasi Tercatat?
istockphoto.com/MarioGuti

Berbeda dengan bagasi kabin, bagasi tercatat rupanya barang yang penumpang serahkan kepada maskapai penerbangan untuk nantinya diangkut oleh pesawat udara yang mereka naiki. Umumnya, barang yang masuk ke dalam bagasi tercatat adalah barang-barang seperti koper besar.

Dalam artian lain, bagasi tercatat atau checked baggage merupakan barang bawaan milik penumpang yang diangkut ke bagian lain dari pesawat yang khusus mengangkut barang milik passenger. Bagian lain itu mempunyai istilah kompartemen pesawat.

Bagasi tercatat juga termasuk barang atau benda yang sudah melalui proses timbang. Jika beratnya melebihi peraturan dari maskapai, bisa saja Anda harus mengurangi jumlah yang berlebihan. 

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Beda Bagasi Kabin dan Bagasi Tercatat - Terbaru 2024

Inilah poin demi poin penjelasan dari perbedaan bagasi kabin dan bagasi tercatat. Ayo, siapkan catatan Anda agar tahu faktor yang membedakan dua hal ini!

1
Jenis Barang yang Boleh Disimpan

Ada Dokumen Penting sampai Makanan untuk Si Kecil

Jenis Barang yang Boleh Disimpan

2
Jenis Barang yang Tidak Boleh Dibawa

Ada Banyak Kategorinya, dari Benda Padat hingga Benda Hidup

Jenis Barang yang Tidak Boleh Dibawa

3
Batas Muatan

Jumlah Maksimal Mencapai 20 Kilo Gram

Batas Muatan

4
Ukuran Benda

Tidak Lebih dari 30 Cm dan 51 Cm

Ukuran Benda

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Ada Dokumen Penting sampai Makanan untuk Si Kecil
© istockphoto.com/nikkimeel
1
Ada Dokumen Penting sampai Makanan untuk Si Kecil

Jenis Barang yang Boleh Disimpan

Rekomendasi kami

Setiap dari Plesirmania yang ingin naik pesawat dalam perjalanan traveling ke suatu tempat, hendaknya mengetahui barang apa yang boleh Anda bawa di dalam bagasi kabin. Untuk barang pribadi, Anda wajib menaruhnya di bagasi kabin.

Contoh barang yang boleh masuk bagasi kabin adalah dokumen penting seperti KTP, passport, tiket pesawat, boarding pass, asuransi perjalanan, dan tiket akomodasi. Plesirmania juga boleh membawa serta toiletries kurang dari 100 ml atau pas. Toiletries di sini adalah sikat gigi, pasta gigi, lip balm, facial wash, toner, dan moisturizer.

Sedangkan untuk barang elektronik, Anda boleh membawa jam tangan smartwatch, smartphone, laptop, PC, tablet, Kindle, kamera, dan power bank. Kemudian, first aid kit dan botol minum juga diperbolehkan. Untuk peralatan olahraga atau hobi, yang maskapai perbolehkan untuk dibawa terdiri dari bola, raket tenis, pancing, dan longboard.

Jika tadi tim Plesir sudah menyebutkan bagian dari bagasi kabin, kini waktunya menguraikan barang-barang yang boleh penumpang simpan di koper atau tas dalam bagasi tercatat. Daftar pertama adalah pakaian. Terdiri dari baju, celana, dalaman, kaus kaki, dan sepatu.

Plesirmania bahkan bisa membawa alat kesehatan, contohnya obat-obatan, alat bantu dengar, alat bantu jalan, hingga kursi roda. Anda pun dapat menyimpan peralatan olahraga seperti raket tenis. bahkan 1 sepeda lipat juga termasuk barang yang boleh Anda bawa di bagasi tercatat. Dengan catatan, semua barang tersebut telah lolos peraturan dari maskapai.

Barang selanjutnya yang boleh Anda simpan dalam bagasi tercatat yaitu makanan dan minuman. Plesirmania dapat membawa makanan bayi (susu formula, ASI), aneka saos, krim keju, aneka selai <100 ml atau pas, kue hingga seafood dalam kotak tertutup rapat.

Ada Banyak Kategorinya, dari Benda Padat hingga Benda Hidup
© istockphoto.com/siridhata
2
Ada Banyak Kategorinya, dari Benda Padat hingga Benda Hidup

Jenis Barang yang Tidak Boleh Dibawa

Rekomendasi kami

Kalau sebelumnya menyinggung tentang barang bawaan yang boleh penumpang bawa di dalam koper atau tas travel, kali ini tim Plesir akan menyebutkan barang bawaan yang tidak boleh penumpang bawa di dalam bagasi kabin dan bagasi tercatat.

Barang yang termasuk berbahaya tidak boleh ada di dalam bagasi kabin dalam kategori benda tajam yaitu pisau dapur serta pisau saku, gunting, dan kapak es. Sementara untuk benda terlarang seperti alat pemukul adalah pemukul bisbol, tongkat ski, golf, hoki, hiking poles, dan tiang tenda.

Kemudian, ada billy club, black jack, brass knuckle, kubotan, dan senjata seni bela diri merupakan bagian dari benda yang tidak boleh Anda bawa untuk kategori pertahanan diri. Selain itu, ada airwheel koper serta baby stroller dan kursi roda yang tidak sesuai ukuran menurut ketentuan maskapai juga tidak boleh diletakkan di dalam bagasi kabin.

Selanjutnya, barang terlarang dalam bagasi tercatat adalah sebagai berikut:

KategoriBarang
Bahan kimia atau beracunSianida, pestisida, peroksida, insektisida, arsenik, zat korosif, hingga material virus hidup
Barang yang mudah meledakGranat, korek api, sumbu, tabung asap, detonator, tabung gas, dan kembang api
Benda tajam, senjata, dan sajamSilet, gunting, alat penghancur es, pisau, pistol, panah, ketapel, hingga replika senjata sekalipun
Cairan mudah terbakarCat, thinner, cairan pemantik api, dan alkohol
Alat pelumpuhAlat kejut listrik jarum suntik, alat pelumpuh hewan, dan tongkat pemukul
PowerbankHanya kapasitas 20.000 mAh, 100 watt, atau 5 V
Cairan, aerosol, dan gelMaksimal 100 ml
Makanan berbau menyengatDurian, terasi, dan petis
Produk hewani atau dairyKeju, susu, bahan mentah
Tanaman hidupApapun jenisnya bahkan yang tersertifikasi

Barang-barang di atas merupakan sebagian barang yang termasuk tidak diizinkan untuk penumpang bawa. Meskipun tim Plesir tidak menyebutkannya secara spesifik, Anda tetap harus mewaspadai barang apa saja yang seharusnya tidak boleh berada di dalam bagasi kabin maupun di bagasi tercatat. Jadi, barang Anda tetap aman dan pihak bandara tidak akan menyitanya.  

Jumlah Maksimal Mencapai 20 Kilo Gram
© istockphoto.com/RalfGeithe
3
Jumlah Maksimal Mencapai 20 Kilo Gram

Batas Muatan

Rekomendasi kami

Adanya aturan umum bahwa setiap maskapai menerapkan batasan berat benda adalah benar. Peraturan ini berlaku pada maskapai di Indonesia, termasuk Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, AirAsia atau Air Asia. Nama-nama maskapai tersebut telah menetapkan bahwa berat benda di dalam bagasi kabin tak boleh lebih dari 7 kg.

Beda halnya dengan bagasi tercatat. Tim Plesir mengambil contoh maksimal berat untuk bagasi tercatat dari Lion Air dan Garuda Indonesia. Masing-masing maskapai menawarkan maksimal free bagasi 20 kg. Lebih dari itu, ada tambah biaya yang harus Anda bayar.

Tidak Lebih dari 30 Cm dan 51 Cm
© istockphoto.com/asbe
4
Tidak Lebih dari 30 Cm dan 51 Cm

Ukuran Benda

Rekomendasi kami

Walaupun sudah terdapat kepastian jumlah berat benda maksimal adalah 7 kg, tetap saja ada jumlah maksimal ukuran tersendiri bagi penduduk Indonesia yang ingin membawa barang ke dalam bagasi kabin maupun ke dalam bagasi tercatat.

Anda dapat memasukkan koper ke dalam bagasi kabin dengan jumlah minimal 30 cm panjang x 17 cm lebar x 47 cm tinggi dan maksimal 37 cm x 32 cm x 56 cm. Sedangkan ukuran koper bagasi tercatat maksimal adalah 51 cm x 35 cm x 81 cm atau kurang dari itu. Yang penting tidak melewati batas berat tertentu.

Tanya Jawab Seputar Beda Bagasi Kabin dan Bagasi Tercatat

Sekadar mengingatkan lagi kepada Plesirmania, apabila informasi di atas belum menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda, silakan membaca beberapa pertanyaan terkait bedanya kabin dan bagasi berikut ini. Cek segera!

Apakah koper kabin bisa masuk bagasi?

Ya, bisa. Koper yang seharusnya khusus berada kabin bisa Anda masukkan ke dalam bagasi apabila beratnya lebih dari 7kg. Namun, jikalau koper itu tidak lebih dari 7kg, sebaiknya letakkan di kabin saja.

Apakah kabin bisa lebih dari 7kg?

Sayangnya tidak bisa. Alasannya karena ada faktor kenyamanan dan keselamatan sehingga tidak bisa membawa barang lebih dari 7 kg di dalam kabin.

Bolehkah bawa 2 tas ke pesawat?

Ya, boleh-boleh saja. Asalkan tidak melebih maksimal jumlah kilogram berat barang bawaan.

Bagaimana cara check biaya bagasi pesawat berlebih?

Cek melalui link website setiap maskapai penerbangan yang Anda naiki. Contohnya, di situs online Garuda Indonesia, perusahaan ini menetapkan tarif bayar kelebihan berat bagasi sebesar Rp. 15.000 per kg untuk rute domestik. Sementara itu, harga untuk rute internasional sebesar Rp. 60.000 per kg.

Kesimpulan: Beda Bagasi Kabin dan Bagasi Tercatat

Tidak sulit ‘kan untuk mengerti beda bagasi kabin dan bagasi tercatat, Plesirmania? Intinya, ada 4 poin perbedaan yang cukup jelas dari keduanya, antara lain jenis barang yang boleh Anda bawa dan tidak boleh, batas muatan serta ukuran bendanya.

Tim Plesir mempersilakan Anda mencatatnya atau screen shot menggunakan HP agar selalu ingat ketentuan yang berlaku. Jangan lupa siapkan barang-barang yang harus Anda bawa untuk terbang ke tujuan termasuk ke Jakarta besok sesuai dengan catatan yang boleh di atas, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo