Hide Menu

Jadilah Cerdas, Ketahui 5 Beda Kabin dan Bagasi agar Benar Meletakkan Koper Kesayangan!

Keterangan Panjang Lebar Perbedaan Kabin dan Bagasi. Poin-poinnya Mudah Dipahami Semua

Artikel Beda Kabin dan Bagasi ini diposting diperbarui
3 Pembaca
Like
Beda Kabin dan Bagasi 2024
© istockphoto.com/Rrrainbow

Bawa Barang ke dalam Pesawat Harus Tahu Perbedaan Kabin dan Bagasi Pesawat

Bawa Barang ke dalam Pesawat Harus Tahu Perbedaan Kabin dan Bagasi Pesawat
istockphoto.com/Chalabala

Sudah menjadi hal umum kalau mau liburan naik pesawat pasti Plesirmania akan bawa banyak barang. Ini adalah tindakan yang wajar. Namun rupanya, membawa barang ke dalam pesawat memiliki ketentuan tersendiri. Itulah mengapa ada istilah kabin dan bagasi di pesawat.

Begini bedanya kabin dan bagasi. Kabin merupakan ruangan kecil di dalam pesawat berguna untuk memuat barang Anda yang ringan tidak lebih dari tujuh kilogram. Sedangkan bagasi adalah sebuah ruangan besar di bawah pesawat berguna untuk menyimpan barang bawaan yang berat.

Sedikit uraian beda bagasi dan kabin tadi akan tim Plesir perjelas lagi di kolom selanjutnya. Jadi, jangan beranjak dari HP dan tetap membaca artikel seri beda kabin dan bagasi paling baru, bukan versi 2019, lho! Yuk, lanjutkan membacanya!

Apa Itu Kabin Pesawat?

Apa Itu Kabin Pesawat?
istockphoto.com/Sasiistock

Kabin pesawat merupakan sebuah ruang di dalam pesawat yang berguna untuk menyimpan barang bawaan dengan berat minimal. Sementara itu, peletakan bagian kabin berada di atas tempat duduk penumpang.

Ukuran ruang kabin tidak terlalu besar, dan setiap penumpang diberikan space untuk menempatkan barang mereka. Dengan ukuran yang tidak terlalu luas ini, penumpang hanya bisa membawa barang-barang tidak berat.

Secara umum, kapasitas barang yang boleh masuk dalam kabin untuk setiap penumpang adalah 7 kg dengan barang cair maksimal 100 ml. Kendati demikian, ketentuan kabin ini tentu saja tidak sama di setiap maskapai penerbangan.

Apa Itu Bagasi?

Apa Itu Bagasi?
istockphoto.com/izusek

Bagasi pesawat adalah tempat bagi penumpang untuk meletakkan barang bawaan di dalam operasional penerbangan. Menurut Freddy L et al (2013), arti bagasi atau bagasi tercatat adalah barang milik penumpang untuk diangkut dengan pesawat udara yang sama.

Barang bawaan yang cocok diletakkan di bagasi adalah koper besar dan tas dengan ukuran besar yang berat. Namun, tidak semua barang bawaan koper atau tas berat dapat masuk ke dalam bagasi.

Anda harus melewati prosedur atau ketentuan regulasi pengecekan melalui mesin detector x-ray dan penimbangan berat maksimal barang bawaan. Faktanya, dalam sekali jalan, proses pengangkutan barang dapat mencapai ratusan kilogram lebih.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Beda Kabin dan Bagasi - Terbaru 2024

Sekarang Anda sudah tahu pengertian tentang bagasi dan kabin yang ada di pesawat. Meskipun mirip, ternyata pada dasarnya dua istilah ini berbeda, ya Plesirmania. 

Selanjutnya, perhatikan ulang catatan penjelasan lanjutan di atas dengan uraian cara membedakan kabin dan bagasi beserta gambar pelengkap kabin plus bagasi. Check daftarnya di bawah!

1
Rincian Kapasitas

Maksimal Batas Kabin 7 kg dan Bagasi 20 kg

Rincian Kapasitas

2
Fungsi Kabin vs Bagasi

Menyimpan Barang Pribadi dan Barang Berat

Fungsi Kabin vs Bagasi

3
Tanggung Jawab

Menjadi Kewajiban Penumpang dan Maskapai

Tanggung Jawab

4
Batasan Barang

Barang Terindikasi Berbahaya Tidak Dapat Dibawa

Batasan Barang

5
Letak Kabin vs Bagasi

Dalam Pesawat dan di Bawah Pesawat

Letak Kabin vs Bagasi

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Maksimal Batas Kabin 7 kg dan Bagasi 20 kg
© istockphoto.com/stevecoleimages
1
Maksimal Batas Kabin 7 kg dan Bagasi 20 kg

Rincian Kapasitas

Rekomendasi kami

Tim Plesir telah sedikit menyinggung tentang berat maksimal barang yang boleh penumpang simpan di kabin maupun bagasi. Baik kabin (cabin) maupun bagasi (baggage) memiliki batas angkutan maksimal menurut ketentuan maskapai.

Sebagai contoh, ketentuan berat maksimal benda pada kabin maskapai Garuda Indonesia adalah 7 kg atau dalam inch setara dengan tidak lebih dari 115 cm serta dalam dimensi (panjang 56 cm x lebar 36 cm x tebal 23 cm ).

Lebih lanjut, contoh peraturan berat maksimal bagasi pada maskapai Garuda Indonesia untuk penumpang dewasa dengan tiket pesawat ekonomi memiliki kapasitas barang sejumlah 20 kg serta bebas biaya.

Sementara untuk tiket pesawat business dan first class ialah 30 kg dan 40 kg. Jadi, jika Anda akan membawa barang lebih dari 28 kg, lebih baik pesan tiket kelas atas daripada ekonomi. 

Menyimpan Barang Pribadi dan Barang Berat
© istockphoto.com/jchizhe
2
Menyimpan Barang Pribadi dan Barang Berat

Fungsi Kabin vs Bagasi

Rekomendasi kami

Letak kabin di dalam pesawat dan letak bagasi di bawah badan pesawat, bukan di bagian dapur pesawat. Peletakan ini dasarnya dirancang bukan tanpa alasan. Hal ini merujuk pada fungsi keduanya.

Faktanya, kabin cenderung berfungsi untuk menyimpan barang-barang personal penumpang seperti dompet, laptop, dan first aid kit. Selain personal, barang yang Anda simpan di dalam kabin biasanya juga bersifat tidak terlalu berat.

Berbeda dengan bagasi yang berguna untuk menyimpan barang bawaan dalam jumlah besar, termasuk barang-barang yang kurang personal. Jadi, jika membawa barang berat yang tidak mungkin dibawa masuk ke dalam pesawat, letakkan saja di bagasi. 

Menjadi Kewajiban Penumpang dan Maskapai
© istockphoto.com/yacobchuk
3
Menjadi Kewajiban Penumpang dan Maskapai

Tanggung Jawab

Rekomendasi kami

Di kolom perbedaan sebelumnya, tim Plesir telah mengatakan bahwa kabin lebih berfungsi untuk menyimpan barang personal daripada bagasi. Hal ini selaras dengan siapa yang bertanggung jawab dari penyimpanan barang di kabin dan di bagasi.

Walaupun kabin dan bagasi merupakan satu kesatuan dari sebuah pesawat, jika Plesirmania memutuskan menyimpan barang di kabin, maka tanggung jawab berada di tangan penumpang bukan awak kabin. Sebaliknya, barang apapun yang tersimpan di bagasi akan menjadi tanggung jawab maskapai. Jelas sampai sini, ya?

Barang Terindikasi Berbahaya Tidak Dapat Dibawa
© istockphoto.com/choidongsu
4
Barang Terindikasi Berbahaya Tidak Dapat Dibawa

Batasan Barang

Rekomendasi kami

Perbedaan selanjutnya yakni tentang batasan barang yang bisa penumpang bawa saat naik pesawat. Berikut adalah contoh isi barang yang tidak boleh Plesirmania bawa ke dalam kabin:

  • Material korosif, seperti merkuri, asam sulfat, dan aki kendaraan
  • Bahan peledak, seperti granat, detonator, dan alat peledak
  • Gas bertekanan tinggi, seperti aerosol dan butana
  • Benda padat mudah terbakar. Misalnya, kembang api dan petasan
  • Cairan mudah terbakar, seperti thinner dan pemantik api
  • Bahan kimia beracun, seperti sianida, arsenik, dan pembasmi hama
  • Koper dengan baterai lithium dan material piroteknik
  • Kendaraan kecil, seperti airwheel dan hoverboard
  • Alat pelumpuh, seperti alat kejut listrik dan tongkat pukul listrik
  • Senjata api dan sajam
  • Knuckle ball

Sementara itu, contoh jenis barang yang tidak boleh penumpang bawa masuk ke dalam bagasi adalah sebagai berikut:

  • Barang membahayakan
  • Mudah terbakar
  • Mudah meledak
  • Beracun
Dalam Pesawat dan di Bawah Pesawat
© istockphoto.com/izusek
5
Dalam Pesawat dan di Bawah Pesawat

Letak Kabin vs Bagasi

Rekomendasi kami

Sudah jelas bahwa letak kabin dan bagasi berbeda. Kabin terletak di bagian dalam pesawat, menyatu dengan langit-langit dan persis di atas tempat tempat duduk penumpang. Sama halnya jika Anda naik bus, di dalamnya terdapat ruang penyimpanan barang yang berada tepat di atas kursi penumpang.

Berbeda dengan bagasi yang mana letaknya terdapat di luar pesawat, namun tetap menyatu pada bagian pesawat. Tepatnya di area bawah badan pesawat. Karena letaknya ini di bawah badan pesawat, maka luasnya tak terhitung.

Tanya Jawab Seputar Beda Kabin dan Bagasi

Mari mengkapi bacaan tentang perbedaan bagasi dan kabin ini dengan membaca empat pertanyaan terkait di bawah. Ayo lanjutkan!

Berapa kg yang boleh dibawa ke kabin?

Satuan berat kilogram barang penumpang yang bisa dibawa ke kabin pesawat maksimal 7kg.

Apakah koper di kabin ditimbang?

Ya, ditimbang. Proses penimbangan ini dilakukan saat proses check in di counter pengecekan tiket.

Apa saja yang boleh dibawa ke kabin?

Barang yang boleh Anda bawa ke kabin adalah item yang tidak melebihi 56 cm x 36 cm x 23 cm. Contoh barang tersebut antara lain dompet atau tas tangan, laptop, casing, jas, selimut, payung, kamera, dan lain-lain.

Kabin pesawat itu yang mana?

Letak kabin yaitu di dalam pesawat, tepatnya di atas tempat duduk atau kursi penumpang.

Kesimpulan: Beda Kabin dan Bagasi

Lengkap sudah penjelasan tim Plesir terkait perbedaan kabin dan bagasi. Terlihat ada lima faktor pembeda antara kabin dan bagasi, yakni kapasitas, fungsi, tanggung jawab, batasan barang, dan letaknya.

Tim Plesir harap Plesirmania tak lagi salah mengartikan keduanya setelah ini. Jadi, apakah Anda sudah siap membawa barang ke dalam kabin atau menitipkannya di bagasi pesawat? Manapun itu, bawa barang penting saja agar tidak terlalu banyak barang bawaan, ya! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo