Hide Menu

Ngidam Pergi ke Wisata Alam Bernuansa Sejuk? Mampir ke 5 Daerah Dingin di Jogja Ini, Yuk!

Lokasi Tempat Berhawa Dingin di Daerah Yogyakarta Rata-Rata Dekat Lereng Gunung Merapi. Lihat Daerah Mana Saja di Bawah Ini!

Artikel Daerah Dingin di Jogja ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Daerah Dingin di Jogja 2024
© freepik.com

Daerah Dingin di Jogja. Penyebabnya Apa?

Daerah Dingin di Jogja. Penyebabnya Apa?
freepik.com

Pernah mampir ke Jogja? Menurut Plesirmania sendiri, daerah DIY itu panas atau dingin secara keseluruhan? Faktanya, cuaca di daerah Jogja sama seperti kebanyakan wilayah di Indonesia. Cuaca di kota Gudeg ini cukup panas saat musim kemarau dan dingin saat musim penghujan datang.

Kendati demikian, beberapa daerah di Jogja selalu diselimuti hawa dingin, baik ketika musim kemarau maupun musim hujan. Contoh saja daerah Kaliurang. Daerah tersebut terasa dingin karena letaknya berada persis di lereng Gunung Merapi.

Memang ada sejumlah tempat di Jogja yang memiliki hawa dingin tak kenal musimnya. Fakta-fakta terkait daerah dingin di Jogja lainnya akan dikupas lebih dalam setelah jeda rekomendasi tempat sejuk di sekitar Jogja berikut. Tetap ikuti terus pembahasannya!

5 Rekomendasi Tempat Wisata Sejuk di Jogja

5 Rekomendasi Tempat Wisata Sejuk di Jogja
freepik.com

Tujuan pergi ke Jogja bagi kebanyakan orang mungkin soal mencari wisata kota di Jalan Malioboro. Hal tersebut didasari karena mengingat Yogyakarta menjadi salah satu daerah tujuan banyak wisatawan dan juga sering menyelenggarakan berbagai acara sehingga menarik pengunjung untuk datang (Hasbi Marwahid, 2022).

Namun, pariwisata bertema alam akhir-akhir ini juga lebih banyak dicari oleh para wisatawaan daripada wisata kotanya. Objek wisata alam di sana dinilai cukup menjanjikan. Ingin tahu tempat rekreasi nuansa alam nan sejuk di Jogja? Kunjungi beberapa tempat berikut:

1. Taman Sungai Mudal

Sebuah tempat dengan mata air memancar dari kedalaman gua di daerah kawasan Girimulyo, Kulon Progo.

2. Kebun Teh Nglinggo

Plesirmania bisa melihat pemandangan indah hamparan luas kebun teh dan tanaman cantik seperti Camellia Sinensis di sepanjang lereng perbukitan di kawasan ini.

3. Ledok Sambi

Berlokasi di Kabupaten Sleman, Ledok Sambi sangat cocok untuk Anda datangi bila hanya sekadar ingin menikmati aliran sungai jernih dan dingin. Aliran airnya tak sama dengan yang ada di kebanyakan pantai Jogja. Karena itulah tempat ini menjadi hits dan viral di jagat dunia maya, terutama di kalangan anak-anak muda.

4. Bukit Ngisis Kulon Progo

Sebuah tempat dengan view bukit bertema sejuk serta udara khas pegunungan. Sangat cocok untuk Plesirmania kunjungi di hari libur.

5. Grojogan Pucung

Mau merasakan cipratan segar dari air terjun langsung? Bermain saja di Grojogan Pucung, Bantul. Cocok untuk mandi dan main air di bawah aliran deras air terjunnya.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Daerah Dingin di Jogja - Terbaru 2024

Tanpa berlama-lama lagi, simak tempat-tempat dingin di Jogja terbaru berikut. Bisa menjadi tempat alternatif cari wisata murah dan berbau edukasi juga. Ayo, lanjutkan membaca!

1
Kaliurang

Tempat Perbukitan Asri nan Sejuk Berada

Kaliurang

2
Kaliadem

Seperti Namanya, Tempat Ini Cocok untuk Ngadem

Kaliadem

3
Tumpeng Menoreh

Tempat Dingin di Ketinggian 950 Mdpl

Tumpeng Menoreh

4
Klangon

Daerah Berhawa Dingin Dekat Puncak Merapi

Klangon

5
Nglanggeran

Bisa Lihat Telaga Buatan di Sini!

Nglanggeran

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Tempat Perbukitan Asri nan Sejuk Berada
© freepik.com
1
Tempat Perbukitan Asri nan Sejuk Berada

Kaliurang

Rekomendasi kami

Salah satu daerah dingin pertama yang ingin tim Plesir sebutkan adalah Kaliurang. Daerah ini terkenal dengan objek wisata dingin nan sejuk yang populer di Jogja. Sebab, posisi Kaliurang berada di lereng Gunung Merapi. Pergi ke daerah tersebut, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan bukit yang asri.

Di dalam satu kompleks wisata, Kaliurang menyajikan berbagai macam wisata. Contohnya Telaga Putri, Goa Jepang, Gardu Pandang, Museum Ullen Sentalun sampai Suraloka Zoo. Berkunjung ke Kaliurang tak perlu repot lagi dengan penginapan. Anda hanya perlu memilih salah satu dari deretan villa dan hotel yang tersedia berjejeran.

Seperti Namanya, Tempat Ini Cocok untuk Ngadem
© freepik.com
2
Seperti Namanya, Tempat Ini Cocok untuk Ngadem

Kaliadem

Rekomendasi kami

Kalau tadi di dekat daerah Kaliurang, sekarang beralih ke daerah Kaliadem. Lokasi Kaliadem tak jauh dari Kaliurang, tepatnya di Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Hanya sekitar 30 menitan naik kendaraan. Kaliadem pun tempatnya tidak kalah dingin daripada Kaliurang.

Sampai-sampai hawa dingin di Kaliadem dapat menusuk tulang. Maklum saja karena letak daerah tersebut sangat dekat dengan Gunung Merapi. Apabila Anda ingin kunjungan ke sini, jangan lupa mampir ke bunker yang terkenal. Plesirmania bisa mengambil foto diri di bunker bawah tanah dengan latar belakang G. Merapi.

Lalu, menurut beberapa penuturan, bunker tersebut terkenal karena merupakan saksi bisu peristiwa kelam pada 2006. Saat itu, G. Merapi mengalamai erupsi dan ditemukan 2 orang relawan meninggal ketika hendak menyelamatkan diri. Pemerintah pusat membangun bunker itu sekitar tahun 2000-an. Mereka menggunakannya sebagai tempat berlindung dari awan panas Gunung Merapi.

Tempat Dingin di Ketinggian 950 Mdpl
© freepik.com
3
Tempat Dingin di Ketinggian 950 Mdpl

Tumpeng Menoreh

Rekomendasi kami

Ada tempat hawa dingin lain yang tak kalah menarik, yakni Tumpeng Menoreh. Letak tempatnya di perbukitan Kulon Progo. Tumpeng Menoreh sebenarnya adalah sebuah restoran di puncak dengan dek outdoor bertingkat. Kafe ini menawarkan panorama gunung dan lembah yang indah.

Berada di derajat ketinggian 950 meter di atas permukaan laut membuat tempat ini cukup dingin. Tumpeng Menoreh juga dapat dijadikan tempat menghabiskan libur akhir pekan setelah padatnya jadwal di hari kerja. Anda bisa mengajak keluarga serta anak-anak untuk makan bersama. Bagi Plesirmania yang ingin dinner romantis bersama pasangan, kafe ini pun cocok menjadi pilihan.

Daerah Berhawa Dingin Dekat Puncak Merapi
© freepik.com
4
Daerah Berhawa Dingin Dekat Puncak Merapi

Klangon

Rekomendasi kami

Kembali lagi ke daerah Sleman, ada daerah dingin selain Kaliurang dan Kaliadem. Nama daerahnya yaitu Klangon. Hanya berjarak sekitar 4,2 kilometer dari puncak Merapi membuat tempat ini mempunyai hawa dingin yang mencekam.

Apalagi saat sore tiba dan kabut turun. Plesirmania bahkan dapat melihat hamparan gambar pemandangan Jogja yang bagus dari dataran tinggi negeri di atas awan milik Klangon. Bukan hanya pada sore hari, malam dan pagi pun sangat indah dipandang. Pemandangan kota Gudeng ini terlihat jelas dari ketinggian daerah Klangon.

Selain dapat melihat pemandangan, kegiatan wisata yang bisa Anda lakukan di Klangon adalah berkemah di camping ground. Tempat ini biasanya ramai dikunjungi peserta kemah saat akhir pekan. Menikmati secangkir teh jahe hangat dan melihat pemandangan dari gardu pandang akan sangat memuaskan!

Bisa Lihat Telaga Buatan di Sini!
© freepik.com
5
Bisa Lihat Telaga Buatan di Sini!

Nglanggeran

Rekomendasi kami

Daerah terakhir yang kaya akan hawa dinginnya ialah Nglanggeran. Tempat ini berlokasi di Gunung Kidul. Warga Yogyakarta pasti sudah tak asing dengan Gunung Api Purba Nglanggeran, ‘kan? Di sekitar kompleks gunung keren tersebut juga menawarkan hawa sejuk. Walaupun tak sesejuk di Kaliurang, akan tetapi masih worth it untuk dikunjungi buat cari hawa dingin.

Banyaknya pepohonan di sekelilingnya membuat udara di daerah Nglanggeran sangat segar. Kemudian, berkat pepohonan itu pula, pemandangannya terlihat sangat asri. Lalu, di tempat itu juga terdapat wahana wisata Embung Nglanggeran.

Embung Nglanggeran adalah sebuah telaga buatan yang berfungsi menampung air hujan. Hasil tampungan tersebut dimanfaatkan untuk mengairi perkebunan petani di sekitar saat musim kemarau. Destinasi wisata Embung Nglanggeran pun merupakan wisata hits. Wajib coba ke sana untuk lihat telaga buatannya!

Tanya Jawab Seputar Daerah Dingin di Jogja

Untuk melengkapi bacaan mengenai daerah Jogja yang dingin, ketahui empat pertanyaan pada kolom tanya-jawab di bawah. Baca sekarang!

Kaliurang apakah dingin?

Ya, daerah Kaliurang dingin karena dekat Gunung Merapi.

Jogja malam hari kemana?

Anda bisa pergi ke Jalan Malioboro, Alun-Alun Yogyakarta, Taman Pelangi, HeHa Sky View, dan masih banyak lagi.

Ada apa sih di Jogja?

Ada banyak destinasi wisata di Jogja. Contohnya Candi Prambanan, Jalan Malioboro, Taman Sari, Museum Gunung Merapi, Candi Mendut, Tebing Breksi, Pantai Parangtritis, dan lain-lain.

Apa yang unik dari Jogja?

Salah satu hal terunik dari kota ini adalah masyarakat bisa melihat berbagai tradisi Jawa yang begitu melekat di kota Jogja, seperti batik, kerajinan perak, pertunjukan wayang, hingga musik tradisional.

Kesimpulan: Daerah Dingin di Jogja

Jadi, dari kelima daerah di atas, mana yang menurut Anda menarik dikunjungi untuk mencari hawa dingin? Sejatinya, pemandangan Yogyakarta di kelima daerah baik Kaliurang, Kaliadem, Tumpeng Menoreh, Klangon, dan Nglanggeran, semuanya cukup menjanjikan.

Anda bisa mengunjungi salah satu atau semua daftar di atas secara bergantian. Jika memang tertarik, segera beli tiket agar tak kehabisan tempat duduk yang nyaman. Yuk, buruan datangi salah satu dari tempat wisata di Jogja yang sejuk sekarang juga!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo