Hide Menu

Udah Tahu Belum Ada 4 Cara Perjalanan ke Kawah Ijen dari Banyuwangi? Simak biar Tahu!

Salah Satunya dengan Melewati Jalan yang Menghubungkan Kecamatan Licin dengan Kawasan Kawah Ijen

Artikel Perjalanan ke Kawah Ijen dari Banyuwangi ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Perjalanan ke Kawah Ijen dari Banyuwangi 2024
© freepik.com

Perjalanan ke Kawah Ijen Dapat Dilalui dari Mana Saja?

Perjalanan ke Kawah Ijen Dapat Dilalui dari Mana Saja?
freepik.com

Menuju Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen tidaklah sulit. Ada dua jalur yang bisa Anda lalui, yakni via Kabupaten Banyuwangi dan via Kabupaten Bondowoso. Via Kabupaten Banyuwangi merupakan jalur destinasi ke Kawah Ijen yang tepat bagi wisatawan asal wilayah timur.

Berbeda dengan via Kabupaten Bondowoso yang tampaknya lebih tepat dilalui oleh wisatawan asal Surabaya, Malang, dan Jogja. Adapun jalan yang dilewati yaitu mengarah ke Desa Kemiren dan Kecamatan Licin apabila lewat Kabupaten Banyuwangi.

Jika memilih lewat Kabupaten Bondowoso, jalan yang akan Anda lewati adalah Karagajar, Besuki, dan Prigan. Saat ini hanya jalur-jalur tadilah yang bisa mengantarkan Anda menuju Kawah Ijen. Apabila Anda ingin mengetahui bagaimana cara perjalanan ke Kawah Ijen dari Banyuwangi, simak penjelasan selengkapnya di artikel ini!

Berwisata ke Kawah Ijen Banyuwangi

Berwisata ke Kawah Ijen Banyuwangi
freepik.com

Menurut Indah S et al (2020), Kabupaten Banyuwangi adalah kabupaten terluas di Provinsi Jawa Timur yang mempunyai potensi pariwisata berbasis ekowisata dan perkembangan berkelanjutan. Kawah Ijen merupakan salah satu ekowisata yang potensial.

TWA Kawah Ijen menawarkan keindahan yang luar biasa. Sebagai contoh, danau kawah itu sendiri, pemandang gunung, belerang, hingga fenomena blue fire yang menakjubkan seperti di foto. Bukan hanya itu saja, Anda bisa merasakan suhu udara sejuk cenderung dingin bila berkunjung ke sini.

Berbagai daya tarik wisata tadi menjadikan fasilitas di kawasan Ijen terjamin dengan adanya hotel atau penginapan, tour guide, rest area, tempat makan, dan lain-lain. Anda tak perlu khawatir kesulitan menemukan penunjang liburan di gunung.

TWA Kawah Ijen pun telah menyediakan pos pendakian dan basecamp sebagai fasilitas pendakian untuk pendaki lokal maupun pendaki mancanegara beristirahat pada malam hari. Otomatis, Kawah Gunung Ijen adalah wisata yang layak untuk Anda kunjungi.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Perjalanan ke Kawah Ijen dari Banyuwangi - Terbaru 2024

Setelah mendapatkan info perjalanan wisata Kawah Ijen, lanjutkan dengan membaca bagian berikutnya seperti yang tertera. Anda akan tahu jalur mana yang harus Anda lewati. Cek segera!

1
Mulai Perjalanan Menuju Desa Kemiren

Lewati Jalan Letkol Istiqlah atau Jalan Nasional III

Mulai Perjalanan Menuju Desa Kemiren

2
Lanjutkan ke Rest Area Taman Sari Ijen

Jalur Masuk Utama Mengarah ke Kawasan Kawah Ijen

Lanjutkan ke Rest Area Taman Sari Ijen

3
Teruskan ke Rest Area Pos 1 Gantasan

Berjarak 5 Kilometer dari Rest Area Taman Sari Ijen

Teruskan ke Rest Area Pos 1 Gantasan

4
Lanjutkan ke Paltuding

Pintu Masuk Mengarah ke Kawah Ijen

Lanjutkan ke Paltuding

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Lewati Jalan Letkol Istiqlah atau Jalan Nasional III
© freepik.com
1
Lewati Jalan Letkol Istiqlah atau Jalan Nasional III

Mulai Perjalanan Menuju Desa Kemiren

Rekomendasi kami

Pertama-pertama, ambillah rute perjalanan menuju Desa Kemiren. Kalau dari Alun-Alun Kota Banyuwangi lewati saja Jalan Letkol Istiqlah. Lalu, lanjutkan berkendara di Jalan Mawar. Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau sepeda motor bila ingin melalui rute tersebut.

Kemudian, Plesirmania bisa meneruskan perjalanan menuju Jalan Anggrek. Lurus terus dan jangan berbelok sebelum bertemu perempatan. Jika sudah di perempatan, ambil belokan ke arah Jalan Jambesari.

Melajulah di Jalan Jambesari sampai Anda bertemu dengan pertigaan yang mengarah ke Jalan Kemiren menuju SDN 1 Kemiren. Lalu, lanjutkan perjalanan sampai Tugu Batas Desa Kemiren dan Desa Tamansuruh.

Di sisi lain, sebenarnya dari Alun-Alun Kota Banyuwangi Anda juga bisa melewati Jalan Nasional III mengarah ke Jalan Jaksa Agung Suprapto-Jalan HOS Cokroaminoto-Jalan Widuri. Anda bisa memilih lewat Jalan Letkol Istiqlah atau Jalan Nasional. Keduanya sama-sama akan mengantarkan Anda ke Desa Kemiren.

Jalur Masuk Utama Mengarah ke Kawasan Kawah Ijen
© freepik.com
2
Jalur Masuk Utama Mengarah ke Kawasan Kawah Ijen

Lanjutkan ke Rest Area Taman Sari Ijen

Setelah Anda sampai di Desa Kemiren, lanjutkan perjalanan ke Rest Area Taman Sari Ijen yang berada di Dusun Krajan, Kecamatan Licin. Kira-kira lama waktu yang ditempuh adalah 20 menit. Plesirmania bisa melalui jalan raya kecil mengarah ke Jalan Perkebunan Kalibendo.

Anda dapat melewati jalanan ini sampai dengan Jalan Raya Kalibendo. Pastikan Anda tidak mengambil jalanan bukan beraspal, ya. Ikuti saja jalan tersebut sampai Anda menemukan pertigaan di mana kalau lurus saja ke Jalan Tamansari, sementara belok kanan mengarah ke Jalan Kawah Ijen.

Plesirmania bisa mengambil Jalan Kawah Ijen. Tepat di pertigaan tersebut, Rest Area Taman Sari Ijen dapat Anda temukan. Anda juga bisa berhenti sejenak untuk beristirahat di sini sambil makan atau sekadar minum kopi.

Berjarak 5 Kilometer dari Rest Area Taman Sari Ijen
© freepik.com
3
Berjarak 5 Kilometer dari Rest Area Taman Sari Ijen

Teruskan ke Rest Area Pos 1 Gantasan

Untuk menuju Rest Area Pos 1 yang berada di Gantasan ini, Anda hanya perlu mengikuti jalan yang telah tersedia yaitu Jalan Kawah Ijen. Jalan ini adalah satu-satunya yang dapat dilewati untuk menuju Pintu Masuk Utama Paltuding.

Perjalanan menuju Rest Area Pos 1 Gantasan akan memakan waktu selama 11 menit. Selama perjalanan berlangsung, gambar pemandangan yang dapat Anda lihat hanya hutan hijau, persawahan, dan warung-warung kecil pinggir jalan.

Pintu Masuk Mengarah ke Kawah Ijen
© freepik.com
4
Pintu Masuk Mengarah ke Kawah Ijen

Lanjutkan ke Paltuding

Apabila Plesirmania telah melewati Rest Area Pos 1 Gantasan, itu berarti Anda akan semakin dekat dengan Gerbang Taman Wisata Alam Kawah Ijen yang berada di Paltuding. Plesirmania hanya perlu meneruskan perjalanan sekitar 30 menitan.

Anda mungkin akan melewati jalanan yang berkelok dan tikungan yang tajam. Oleh karenanya, tim Plesir menghimbau agar Anda berhati-hati saat berkendara. Kemudian, Plesirmania bisa mampir ke objek wisata terdekat di sepanjang Jalan Kawah Ijen yang menuju Paltuding.

Terdapat objek wisata seperti Goa Batu Kaca, Air Terjun Erek Erek, serta Erek Erek Geoforest. Anda dapat mengunjungi tempat wisata tersebut bila masih memiliki banyak waktu luang. Setelah itu, Anda akan tiba persis di depan Gerbang Kawah Ijen.

Lalu, sesampainya Anda di pintu gerbang tersebut bersiaplah untuk mendaki puncak Gunung Ijen untuk bisa melihat Kawah Ijen dari dekat. Anda mungkin memerlukan waktu pendakian 2 hingga 2 setengah jam agar bisa sampai di puncak. Supaya lebih aman saat muncak, jangan lupa memakai perlengkapan mendaki, ya!

Tanya Jawab Seputar Perjalanan ke Kawah Ijen dari Banyuwangi

Berikutnya merupakan daftar pertanyaan yang mungkin sedang Anda tanyakan. Carilah jawabannya di bawah kolom ini!

Berapa lama naik ke Kawah Ijen?

Sekitar 2-2,5 jam untuk bisa naik ke Kawah Ijen.

Berapa harga tiket masuk Kawah Ijen?

Harga tiket masuk wisata tersebut adalah Rp. 5.000 di hari kerja dan Rp. 7.500 di hari libur. Biaya tersebut diperuntukkan kepada wisatawan lokal. Sementara wisatawan macanegara harus membayar Rp. 100 ribu jika berkunjung di hari kerja dan Rp. 150 ribu jika berkunjung di hari libur.

Apa saja yang harus dibawa saat ke Kawah Ijen?

Plesirmania harus membawa perlengkapan mendaki, seperti sepatu hiking, jaket, trekking pole, sarung tangan, backpack, dan lain-lain. 

Kapan waktu yang tepat ke Kawah Ijen?

Akhir bulan Desember sampai dengan bulan Januari adalah waktu yang tepat ke kawasan wisata ini.

Apakah gunung Ijen cocok untuk pendaki pemula?

Ya, Gn. Ijen cocok untuk pendaki pemula karena tinggi gunung tersebut sekitar 2.300-an mdpl saja.

Apa stasiun terdekat dari Kawah Ijen?

Ada Stasiun Banyuwangi Kota yang berada di Pusat Kabupaten Banyuwangi.

Kesimpulan: Perjalanan ke Kawah Ijen dari Banyuwangi

Tibalah saatnya tim Plesir mengakhiri penjelasan perjalanan ke Kawah Ijen dari Banyuwangi dengan melewati jalan raya utama, yaitu Jalan Letkol Istiqlah. Lalu, teruslah melaju menuju jalan kawasan Kawah Ijen di Kecamatan Licin.

Plesirmania dapat mencoba menggunakan cara ini ketika naik mobil ataupun naik motor dengan memperhatikan letak kelokan di setiap jalan. Semoga dengan penjelasan di atas tim Plesir dapat membatu Anda sampai di Kawah Ijen. Selamat liburan!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo