Hide Menu

Tentukan 5 Biaya Liburan ke Bromo dari Bandung Seperti Berikut Kalau Gak Mau Bangkrut!

Perkiraan Perhitungan Diambil dari Beberapa Aspek Utama, Silakan Membaca untuk Mengetahuinya!

Artikel Biaya Liburan ke Bromo dari Bandung ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Biaya Liburan ke Bromo dari Bandung 2024
© freepik.com

Liburan dari Bandung ke Bromo Kira-Kira Butuh Berapa Budget?

Liburan dari Bandung ke Bromo Kira-Kira Butuh Berapa Budget?
freepik.com

Mengenai budget liburan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Contohnya, biaya transportasi pulang-pergi, berapa banyak jumlah orang yang pergi, ke mana Anda akan pergi, biaya penginapan, serta ongkos kegiatan selama liburan. Belum lagi biaya makan dan minum dan ongkos belanja oleh-oleh.

Dengan mengetahui hal-hal tersebut, memperkirakan besaran biaya yang Anda keluarkan akan jadi lebih mudah. Bila Anda ingin berangkat dari Bandung ke Bromo seorang diri dengan cakupan biaya-biaya tadi, tim Plesir dapat meperkirakan kurang lebih butuh uang 2 juta rupiah.

Dari mana asal uang 2 juta rupiah ini? Tim Plesir akan membahasnya di bagian biaya liburan ke Bromo dari Bandung. Kalau melihat dari perkiraan ongkos ± 2 juta rupiah secara total, kemungkinan besar masih kurang karena kembali lagi kebutuhan setiap orang akan berbeda-beda selama liburan.

Kalau dilihat dari situs open trip adventure, kebanyakan menawarkan paket tour Bromo dari Bandung 3H2M sekitar  1,7 jutaan rupiah dengan jumlah minimal orang yang ikut 25 orang. Tak menafikan bahwa uang ± 2 juta rupiah termasuk terjangkau dan biayanya sudah setara dengan fasilitas yang Anda dapatkan saat ikut travel agent.

Apakah Anda penasaran hitungan kurang lebih 2 juta rupiah dari tim Plesir tersebut sama dengan perkiraannya? Kalau Anda ingin tahu jawabannya, terus ikuti diskusi perhitungan biaya ini. Yuk, lanjutkan!

Tips Menghitung Biaya Liburan ke Bromo

Tips Menghitung Biaya Liburan ke Bromo
freepik.com

Perencanaan perhitungan biaya liburan adalah hal yang penting untuk dilakukan sebelum Plesirmania berangkat berlibur. Hal ini tentunya dapat membuat perjalanan Anda terlepas dari beban memikirkan kelebihan biaya yang membengkak. Berikut adalah tips agar liburan Anda ke Bromo bebas dari beban biaya berlebih:

1. Tetapkan Anggaran Maksimum

Menetapkan anggaran maksimum dapat Anda lakukan berdasarkan anggaran bulanan atau melalui penghasilan tahunan. Tabung sisa uang bulanan dari pemenuhan kebutuhan semaksimal mungkin atau tentukan besaran dana setiap tahun berapa % untuk disisihkan demi liburan.

2. Tentukan Destinasi Liburan

Menentukan tujuan Anda berlibur dapat memfokuskan besaran dana yang Anda butuhkan tanpa semena-mena menghabiskan uang dengan tujuan tak jelas.

3. Buat Dana Cadangan

Walaupun telah merencanakan uang maksimum, Plesirmania juga harusnya tetap membuat daftar dana cadangan. Gunanya ialah mengantisipasi adanya biaya tidak terduga. Buatlah perhitungannya sekitar 10% dari total pengeluaran liburan.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Biaya Liburan ke Bromo dari Bandung - Terbaru 2024

Mulyadi mengatakan biaya adalah pengorbanan sumber ekonomi yang diukur dalam satuan uang yang telah terjadi atau kemungkinan akan terjadi untuk mencapai tujuan (Happy L, 2007). Dengan demikian, Plesirmania juga harus mengorbankan biaya dalam melaksanakan trip ke Bromo dari Bandung. Simak rincian biaya trip Bromo murah di bawah ini!

1
Biaya Transportasi PP

Hemat Naik Kereta, Cepat Sampai Pula

Biaya Transportasi PP

2
Biaya Akomodasi

Putuskan Menginap di Homestay Saja

Biaya Akomodasi

3
Budget Konsumsi

Gak Sampe 200 Ribu dan Masih Sisa

Budget Konsumsi

4
Budget Sewa Jeep

Tidak Ada Cara Lain Selain Menyewa Demi Keselamatan

Budget Sewa Jeep

5
Budget Tiket Masuk Wisata

Siapkan Uang 29 Ribu, Tak Perlu Bayar yang Lain Lagi

Budget Tiket Masuk Wisata

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Hemat Naik Kereta, Cepat Sampai Pula
© freepik.com
1
Hemat Naik Kereta, Cepat Sampai Pula

Biaya Transportasi PP

Rekomendasi kami

Berdasarkan pencarian informasi dari tim Plesir, ada beberapa transportasi yang dapat Plesirmania gunakan menuju Bromo dari Bandung. Di antaranya adalah bus, kereta api, pesawat terbang, travel, dan kendaraan pribadi (motor atau mobil).

Tim Plesir juga mendapatkan info bahwa di antara kendaraan tersebut ada yang memiliki biaya pulang-pergi (PP) sangat terjangkau. Transportasinya adalah kereta api. Mengutip dari halaman KAI Access, tiket kereta Bandung – Malang PP hanya seharga Rp. 600.000 untuk kelas ekonomi S.

Mari membandingkan harga tiket kereta PP dengan kendaraan lainnya melalui tabel berikut:

Jenis KendaraanHarga Tiket PP
BusRp. 980.000
Pesawat TerbangRp. 6.000.000
TravelRp. 1.775.000
MotorRp. 400.000 (bensin)
MobilRp. 790.000 (tol) + 720.000 (bensin) = Rp. 1.510.000

Dari rincian harga di atas biaya transportasi untuk motor memiliki selisih harga 200 ribu rupiah terhadap tiket kereta. Memang benar lebih murah, tetapi tim Plesir tidak menganjurkan touring Bandung – Bromo dengan sepeda motor. Akan lebih cepat dan menghemat tenaga kalau naik kereta. Jadi, pilihlah kereta saja!

Setelah itu, hitung juga biaya tansport dari Stasiun Malang ke Bromo menggunakan Damri yang membutuhkan uang sebesar Rp. 30.000 sekali jalan per orang. Maka, total biaya transportasi dari tiket kereta PP Rp. 600.000 + tiket Damri Rp. 30.000 adalah Rp. 630.000 per orang.

Putuskan Menginap di Homestay Saja
© freepik.com
2
Putuskan Menginap di Homestay Saja

Biaya Akomodasi

Rekomendasi kami

Kemudian, hitung pula biaya akomodasi selama di Bromo. Biaya akomodasi di wilayah ini bervariasi tergantung pada tipe, fasilitas, dan musim kunjungan. Harga losmen dan homestay misalnya sekitar 100 ribu rupiah. Sementara harga hotel dan vila bisa mencapai 250 ribu hingga 1 juta rupiah.

Lebih jelasnya dapat Anda lihat di bawah ini terkait harga akomodasi berdasarkan tipenya. Tim Plesir memberikan contoh harga dari Traveloka. Lihat dengan seksama!

Jenis AkomodasiHarga Per Malam (Mulai dari)
HomestayRp. 117.300
HotelRp. 247.000
VilaRp. 330.400

Dari hasil tersebut didapatkan harga sewa homestay semalam jauh lebih murah. Untuk memudahkan menghitung, tim Plesir membuat permisalan tour ini berlangsung selama 3 hari 2 malam. Sehingga, biaya akomodasi yang perlu Plesirmania keluarkan untuk 2 malam menginap di homestay adalah Rp. 234.600.

Gak Sampe 200 Ribu dan Masih Sisa
© freepik.com
3
Gak Sampe 200 Ribu dan Masih Sisa

Budget Konsumsi

Rekomendasi kami

Harga makanan di Bromo dapat dikatakan bervariasi, tergantung tempat makannya. Restoran di Kawasan Bromo umumnya menawarkan harga lebih tinggi daripada tempat makan di luar desa. Harga makanan ala carte misalnya sekitar 50 ribu rupiah per sajian.

Apabila Plesirmania ingin memangkas pengeluaran konsumsi, sebaiknya makan di warung pinggir jalan saja. Per sajian makanan biasanya hanya seharga 20 ribu rupiah. Kalau mau lebih hemat lagi, Anda bisa membawa makanan dari rumah yang tidak mudah basi dan membuat perut kenyang.

Sementara itu, untuk hitungan makan selama 3 hari dengan kisaran harga 20 ribu rupiah per sekali makan adalah seperti:

  • 1 kali makan = Rp. 20.000
  • 3 hari butuh 8 kali makan = Rp. 160.000

Kemudian, Anda juga perlu membeli minum dengan perkiraan satu botol air mineral 600 ml seharga 3 ribu rupiah. Plesirmania akan menghitung biaya minum seperti:

  • 1 botol air mineral 600 ml = Rp. 3.000
  • 1 hari butuh 2 botol = Rp. 6.000
  • 3 hari butuh 6 botol = Rp. 36.000

Jadi, total dari pengeluaran untuk makan dan minum dengan penjumlahan Rp. 160.000 + Rp. 36.000 adalah Rp. 196.000.

Tidak Ada Cara Lain Selain Menyewa Demi Keselamatan
© freepik.com
4
Tidak Ada Cara Lain Selain Menyewa Demi Keselamatan

Budget Sewa Jeep

Karena medan di Gunung Bromo cukup ekstrem, maka pengunjung yang datang sangat disarankan menyewa Jeep sebagai alat transportasi berkeliling Bromo. Harga sewa Jeep juga beragam tergantung dari mana Anda naik. Inilah daftar harganya:

Titik PenjemputanHarga
Cemoro LawangRp. 700.000
Sukapura, Wonokitri, TosariRp. 750.000
TumpangRp. 1.100.000
MalangRp. 1.250.000
BatuRp. 1.400.000

Sebagai informasi tambahan, Damri yang tadi tim Plesir sebutkan mempunyai tujuan pengantaran dari stasiun menuju Tosari. Maka, besaran harga sewa Jeep Anda yaitu 750 ribu rupiah sesuai dengan titik penjemputan di wilayah Tosari.

Siapkan Uang 29 Ribu, Tak Perlu Bayar yang Lain Lagi
© freepik.com
5
Siapkan Uang 29 Ribu, Tak Perlu Bayar yang Lain Lagi

Budget Tiket Masuk Wisata

Rekomendasi kami

Lebih lanjut, biaya ke Bromo yang lainnya ialah ongkos tiket masuk wisata. Menurut informasi yang beredar, tiket masuk ke Kawasan Taman Nasional ini adalah sekitar 29 ribu rupiah. Harga tersebut berlaku untuk kunjungan di hari kerja atau hari biasa.

Sementara untuk kunjungan di hari libur atau akhir pekan, harganya naik hingga 34 ribu rupiah. Anda bisa memilih mau berkunjung pada hari apa. Tim Plesir sarankan berkunjung di hari biasa saja sehingga Anda bisa membayar lebih murah.

Tanya Jawab Seputar Biaya Liburan ke Bromo dari Bandung

Setelah Anda menyimak biaya wisata Bromo di bagian sebelumnya, simaklah empat pertanyaan berikut!

Naik ke Bromo bayar berapa?

Anda cukup membayar tiket masuknya saja sebesar Rp. 29.000 untuk hari kerja dan Rp. 34.000 untuk hari libur.

Apa saja fasilitas di gunung Bromo?

Terdapat fasilitas seperti musala, toilet, pusat oleh-oleh, penginapan, lahan parkir, pos keamanan, tempat wisata kuliner, dan masih banyak lagi.

Berapa jam Jakarta ke gunung Bromo?

Lama perjalanan Jakarta – Bromo adalah 11 sampai dengan 12 jam.

Berapa jam dari kota Batu ke Bromo?

Sekitar 2-3 jam dengan keadaan lalu lintas yang lancar.

Kesimpulan: Biaya Liburan ke Bromo dari Bandung

Dari hitungan biaya liburan ke Bromo dari Bandung di atas, tim Plesir mendapatkan total keluaran budget adalah Rp. 1.839.600. Perhitungan ini hanya dari biaya inti (transportasi, akomodasi, konsumsi, sewa Jeep, dan tiket masuk) saja.

Sisa budget seperti biaya suvenir dan uang darurat bisa Anda tambahkan sendiri karena kebutuhan per orang berbeda. Demikian perhitungan tim Plesir, semoga mencerahkan Anda semua pembaca di rumah. Let’s go on a vacation to Bromo!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo