Hide Menu

Ada 2 Cara Backpacker ke Labuan Bajo dari Lombok biar Bisa Lihat Komodo, Ayo Coba!

Cara untuk Menikmati Indahnya Labuan Bajo Itu Gampang, Hanya Perlu Naik Transportasi Umum dari Pusat Kota!

Artikel Backpacker ke Labuan Bajo dari Lombok ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Backpacker ke Labuan Bajo dari Lombok 2024
© freepik.com

Backpacker ke Labuan Bajo dari Lombok Bisa Mulai Pergi dari Mana?

Backpacker ke Labuan Bajo dari Lombok Bisa Mulai Pergi dari Mana?
freepik.com

Ada dua pilihan pelabuhan sebagai tempat Anda memulai perjalanan dari Lombok ke Labuan Bajo. Yang pertama yaitu Pelabuhan Lembar di sisi barat. Kedua ialah Pelabuhan Kayangan di sisi timur. Kalau Anda ingin memulainya via Pelabuhan Lembar, itu artinya akan lebih dekat dari Mataram (ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat).

Sebaliknya, jika Plesirmania ingin memulai perjalanan dari Pelabuhan Kayangan, Anda harus ke pelabuhan terlebih dahulu menggunakan bus Damri dari Kota Mataram. Kendati demikian, menurut tim Plesir opsi terbaik jatuh kepada Pelabuhan Lembar.

Sebab, Anda bisa langsung menuju Labuan Bajo tanpa harus menyebrang ke Pelabuhan Poto Tano dan masih harus meneruskan naik bus. Bila Anda khawatir dengan harga yang tak sesuai backpacker, tak usah risau karena total pengeluaran transport dari kedua pelabuhan tersebut hampir sama.

Bagi Plesirmania yang penasaran bagaimana cara backpacker ke Labuan Bajo dari Lombok menggunakan kapal laut dan transportasi lainnya, simak selengkapnya di sini. Scroll layar ponsel Anda sekarang juga!

5 Persiapan Backpacker dari Lombok ke Labuan Bajo

5 Persiapan Backpacker dari Lombok ke Labuan Bajo
freepik.com

Mempersiapkan diri sebelum bepergian adalah hal yang sudah pasti harus Anda lakukan. Tetapi, tahukah Anda bahwa ada hal lain yang harus Anda persiapkan juga? Mari membahasnya bersama!

  • Siapkan Barang Bawaan

Anda harus aware terhadap barang bawaan. Bawalah perlengkapan yang nyaman dan berguna selama liburan. Contoh, backpack, pakaian ganti, obat-obatan, jaket, dan makanan cepat saji mudah disimpan beberapa hari.

  • Buat Rencana Perjalanan

Tuliskan dengan lengkap tujuan destinasi wisata selama di Labuan Bajo yang ingin dikunjungi. Dengan menuliskannya, Anda tidak akan bingung mau ke mana.

  • Siapkan Dokumen Penting

Plesirmania bisa menyimpan semua dokumen penting ke dalam tas, seperti KTP, SIM, tiket pesawat, asuransi, dan surat keterangan sehat untuk berjaga-jaga bila diperlukan.

  • Persiapkan Waktu yang Tepat

Sebelum menentukan liburan ke Labuan Bajo, ada baiknya tentukan waktu berapa lama akan stay di tempat tujuan. Dengan begini, Plesirmania tidak akan kesulitan manage waktu liburan dan urusan pribadi.

Destinasi Wisata Seru di Labuan Bajo yang Bisa Dijelajahi Selama 4Days 3Nights

Destinasi Wisata Seru di Labuan Bajo yang Bisa Dijelajahi Selama 4Days 3Nights
freepik.com

Menurut Rini H (2022), Labuan Bajo dikelilingi oleh kumpulan pulau-pulau kecil dengan perairan laut yang sangat indah. Pulau-pulau kecil inilah yang menjadi bagian dari destinasi wisata favorit wisatawan, contohnya Pulau Padar.

Berbicara Pulau Padar pastilah tak akan melupakan Pink Beach atau pantai berpasir merah muda. Plesirmania bisa mengunjungi destinasi tersebut di hari pertama tiba di Bajo. Jangan lewatkan pula untuk mampir ke seberang Pulau Padar, tempat dimana Komodo Island berada. Anda bisa melakukan trekking melintasi area di mana kadal besar tersebut hidup dan melihatnya berjalan-jalan.

Di hari berikutnya, Plesirmania dapat mengunjungi Manta Point untuk diving bersama ikan pari manta raksasa. Selain itu, perjalanan ke Labuan Bajo tak akan lengkap rasanya tanpa mengunjungi Gua Batu Cermin, Bukit Waringin, dan Bukit Sylvia.

Tertarik berwisata ke seluruh tempat tadi? Anda bisa mengikuti program open trip bersama agen perjalanan seperti Wanua Adventure, lho. Daftar destinasi tersebut sangat cukup Anda eksplor selama 4 hari 3 malam. Jadi, Anda ingin pergi ke mana dulu kalau sudah tiba di daerah cantik ini? 

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Backpacker ke Labuan Bajo dari Lombok - Terbaru 2024

Bagian berikutnya merupakan review cara backpacker ke Labuan Bajo Flores dari Lombok. Segera baca ya, Plesirmania!

1
Naik Kapal

Total Harga Tak Sampai 300 Ribu!

Naik Kapal

2
Naik Bus

Harus Naik Beberapa Kali, tapi Biayanya Murah Sekali

Naik Bus

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Total Harga Tak Sampai 300 Ribu!
© freepik.com
1
Total Harga Tak Sampai 300 Ribu!

Naik Kapal

Rekomendasi kami

Tidak ada jalan lain lagi kecuali naik kapal kalau dari Lombok menuju Labuan Bajo. Inilah cara termudah sekaligus cara termurah. Plesirmania bisa mulai pergi ke Pelabuhan Lembar di Jalan Raya Pelabuhan No. 5, Lembar, Lombok Barat.

Sebelum itu, tim Plesir mengimbau agar Anda memesan tiket kapalnya lewat situs resmi pelni dot co dot id. Maksimal pemesanan adalah satu jam sebelum keberangkatan, jadi usahakan pesan jauh-jauh hari biar dapat tempat. Untuk harganya sekitar 236 ribu rupiah.

Kapal yang menyediakan rute Lombok – Labuan Bajo antara lain KM Tilongkabila dan KM Dharma Rucitra 8. Apabila Anda ingin naik KM Tilongkabila, maka Plesirmania bisa naik dari Pelabuhan Lembar dan turun di Pelabuhan Labuan Bajo.

Sementara itu, jika Plesirmania ingin naik KM Dharma Rucitra 8, maka naiklah di Pelabuhan Gili Mas. Lalu, Anda akan turun di Pelabuhan Wae Kelambu Labuan Bajo. Harga tiket KM Dharma Rucitra hampir sama dengan KM Tilongkabila yakni sebesar 240 ribu rupiah.

Anda akan menempuh perjalanan selama kurang lebih satu hari lamanya menggunakan kedua kapal tersebut. Jika Anda ingin mengedepankan efisiensi waktu, maka bisa naik pesawat terbang. Cukup 6 jam perjalanan. Akan tetapi, biayanya tidak sesuai dengan tujuan backpacker.

Harus Naik Beberapa Kali, tapi Biayanya Murah Sekali
© freepik.com
2
Harus Naik Beberapa Kali, tapi Biayanya Murah Sekali

Naik Bus

Rekomendasi kami

Sebenarnya ada satu transportasi lagi yang memungkinkan Plesirmania pakai menuju Labuan Bajo, yaitu bus via jalur darat. Naik bus dapat menjadi alternatif kendaraan bagi Anda yang mudah muntah selama perjalanan di atas laut. Harganya pun sebelas dua belas dengan kapal laut.

Anda bisa langsung naik bus jurusan Mataram – Terminal Dara Bima. Harganya kurang lebih 280 ribu rupiah atau bahkan lebih. Kemudian sesampainya di Kota Bima, Anda bisa naik minibus non AC ke Pelabuhan Sape dengan harga 30 ribu rupiah.

Lalu, Plesirmania akan meneruskan perjalanan menggunakan kapal laut dari Pelabuhan Sape ke Pelabuhan Labuan Bajo. Untuk tarif per penumpang dewasa mencapai 83 ribu rupiah. Harga yang cukup terjangkau.

Kemudian, Plesirmania akan menempuh perjalanan kira-kira 8 jam lamanya dari Pelabuhan Sape ke Pelabuhan Labuan Bajo. FYI, kapal yang Anda naiki adalah kapal croisiere ferry. Kapal inilah yang biasanya mengangkut penumpang dengan rute tersebut.

Tanya Jawab Seputar Backpacker ke Labuan Bajo dari Lombok

Sebelum Anda menyelesaikan rangkuman artikel Lombok Labuan Bajo, telaah dulu beberapa pertanyaan berikut. Yuk, simak!

Berapa harga tiket masuk ke Labuan Bajo?

Tidak ada tiket masuk untuk memasuki Labuan Bajo.

Berapa lama naik kapal dari Bali ke Labuan Bajo?

Lama perjalanan naik kapal Bali – Labuan Bajo adalah sekitar 1 jam lebih 30 menit. 

Lombok ke Labuan Bajo berapa jam?

Kurang lebih memakan waktu 17 jam.

Dari Bali ke Lombok naik apa?

Plesirmania bisa naik kapal cepat atau fast boat dari Pelabuhan Padang Bai di Bali – Pelabuhan Lembar Lombok. Sementara itu, untuk menuju ke Pelabuhan Padang Bai dari Terminal Ubung, Anda bisa naik bus.

Kesimpulan: Backpacker ke Labuan Bajo dari Lombok

Inilah akhir dari penjelasan komodo trip from Lombok dari tim Plesir. Hanya ada dua cara backpacker menuju Labuan Bajo, yaitu dengan kapal laut dan bus. Pesawat terbang dan kendaraan pribadi tidak termasuk karena biaya yang dibutuhkan melebihi anggaran backpacker.

Bagi Plesirmania yang ingin mencoba pergi dengan kapal atau bus dari Kota Mataram, harap perhatikan lebih mendalam informasi di atas sebelum berangkat. Periksa ulang barang bawaan agar tidak ada yang ketinggalan. Selamat mencoba dan semoga tour Anda sukses sampai tujuan!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo