Hide Menu

Gimana Wisata ke Dieng ala Backpacker Lewat Wonosobo? Ayo Catat 5 Cara Berikut!

Penjabaran Berwisata dengan Biaya Murah ala Backpacker Sejati Terungkap Jelas Beserta Contohnya, Lengkap!

Artikel Wisata ke Dieng ala Backpacker ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Wisata ke Dieng ala Backpacker 2024
© freepik.com

Mengapa Wisata ke Dieng Harus ala Backpacker?

Mengapa Wisata ke Dieng Harus ala Backpacker?
freepik.com

Sebenarnya tidak masalah apabila Anda ingin berwisata ke daerah dataran tinggi tersebut tanpa harus melakukan metode backpacker. Pada kenyataannya, bepergian ke dataran tinggi ini tak membutuhkan banyak uang.

Kalau Anda berminat bepergian ala backpacker itu bagus. Tandanya pengeluaran selama liburan semakin rendah. Kemudian, Plesirmania jadi bisa menikmati kawasan dataran tinggi tersebut semakin leluasa karena tidak terikat agenda trip yang ketat.

Plesirmania pun dapat merasakan pengalaman baru jika bepergian ke dataran tinggi ini dengan cara backpacker. Selain hemat juga membawa sejumlah manfaat! Lebih lanjut, tim Plesir bahas cara wisata ke Dieng ala backpacker. Teruslah ikuti pembicaraan ini jika Anda penasaran.

Objek Wisata Menarik di Dieng

Objek Wisata Menarik di Dieng
freepik.com

Ada banyak objek wisata menarik di kawasan dataran tinggi ini. Menurut Ismi A (2008) juga demikian. Ia mengatakan Kawasan Dataran Tinggi Dieng adalah salah satu kawasan pariwisata andalan Kabupaten Wonosobo. Objek wisatanya bukan semata-mata hanya dataran tinggi itu sendiri, melainkan ada objek wisata alam dan wisata budaya peninggalan masa lampau.

Plesirmania pasti sudah hafal Bukit Sikunir, ‘kan? Bukit tersebut merupakan tempat di mana Anda bisa melihat golden sunrise dari ketinggian. Dari bukit ini juga Anda dapat menikmati pemandangan indah delapan gunung di Jawa Tengah.

Lalu, objek wisata apalagi yang menarik? Ketahui daftarnya pada poin berikut!

  • Telaga Warna

Sebuah telaga yang mempunyai warna berubah-ubah saat terkena sinar matahari. Fenomena ini merupakan penyebab dari tingginya kandungan belerang pada air danau.

  • Batu Pandang Ratapan Angin

Tempat yang pas untuk menikmati keindahan Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian bukit.

  • Candi Arjuna

Merupakan situs peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Nama tepatnya adalah kompleks Candi Arjuna karena banyak candi berjejer di sini, seperti Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra.

  • Kawah Sikidang

Seperti layaknya sebuah kawah, Anda dapat melihat kawah besar di Kawah Sikidang. Terdapat jembatan kayu khusus yang menghubungkan Anda ke kawahnya.

Estimasi Biaya Wisata ke Dieng ala Backpacker

Estimasi Biaya Wisata ke Dieng ala Backpacker
freepik.com

Tim Plesir menilai tak sampai satu juta rupiah karena biaya kendaraan sampai makan di daerah dataran tinggi ini cukup murah. Sebagai contoh, harga tiket bus dari Jogja ke Wonosobo PP saja hanya Rp 160 ribuan. Lalu, tiket shuttle bus dari Wonosobo ke Dieng PP adalah 30 ribu rupiah.

Yang perlu Anda catat selanjutnya biaya nginep di homestay, yaitu sekitar 200 ribu rupiah. Kemudian, tiket masuk destinasi wisata di lima tempat (Telaga Warna, Telaga Pengilon, Komplek Candi Arjuna, Kawah Sikidang dan Batu Pandang Ratapan Angin) adalah 50 ribu rupiah.

Untuk biaya sewa motor sebagai transportasi menuju ke destinasi wisata tak perlu dicatat karena jaraknya cukup dekat antara satu dan yang lain sehingga bisa Plesirmania capai dengan jalan kaki saja. Jadi, tak perlu sewa motor.

Sementara biaya konsumsi sekitar 20 ribu rupiah sekali makan dan minum, lalu dikalikan 3. Hasilnya 60 ribu rupiah. Sehingga, total pengeluaran backpackeran selama seharian dari perhitungan Rp. 160.000 + Rp. 30.000 + Rp. 200.000 + Rp 50.000 + Rp. 60.000 adalah Rp. 500.000. Cukup murah, ‘kan?

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Wisata ke Dieng ala Backpacker - Terbaru 2024

Bagi Anda yang ingin backpacker ke Dieng dari Jogja, harap perhatikan cara berwisata berikut. Ayo lanjutkan bacanya!

1
Naik Bus Ekonomi

Bikin Dompet Gak Bolong!

Naik Bus Ekonomi

2
Nginap di Homestay

Jauh Lebih Terjangkau, Hemat di Kantong

Nginap di Homestay

3
Ke Destinasi Wisata Jalan Kaki

Badan Jadi Sehat, Hemat Biaya Pula

Ke Destinasi Wisata Jalan Kaki

4
Makan Makanan yang Murah

Tak Selalu Murahan, yang Penting Kenyang

Makan Makanan yang Murah

5
Lakukan Perjalanan Berkelompok

Makin Ramai Makin Seru

Lakukan Perjalanan Berkelompok

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Bikin Dompet Gak Bolong!
© freepik.com
1
Bikin Dompet Gak Bolong!

Naik Bus Ekonomi

Rekomendasi kami

Karena belum ada transportasi langsung menuju dataran tinggi Dieng apalagi lewat tol, maka Anda yang dari Surabaya, Semarang, bahkan Jakarta harus oper atau ganti beberapa kali kendaraan selama 4 jam perjalanan. Agar lebih hemat saat berganti kendaraan, usahakan cari bus paling murah. Kalau bisa yang ekonomi saja.

Dari Surabaya memang jarang ada yang ekonomi, tapi at least Anda bisa naik PO Handoyo, Eka Cepat, dan Sugeng Rahayu yang harganya masih terjangkau. Kemudian, saat oper di Wonosobo menuju tempat tujuan sebaiknya pakai minibus saja yang harganya 15 ribuan rupiah.

Jauh Lebih Terjangkau, Hemat di Kantong
© freepik.com
2
Jauh Lebih Terjangkau, Hemat di Kantong

Nginap di Homestay

Rekomendasi kami

Memang ada beberapa hotel yang murah di daerah Dieng. Namun, tim Plesir tetap menyarankan agar Anda menginap di homestay saja. Sebab homestay sudah inlude pajak biasanya, kalau hotel belum tentu. Maka dari itu, carilah homestay dekat terminal supaya pulangnya tidak terlalu jauh berjalan kaki.

Plesirmania bisa pesan jauh-jauh hari atau book di tempat langsung. Semua cara itu bisa Anda lakukan. Akan tetapi, jauh lebih baik booking jauh-jauh hari sebab harganya jauh lebih murah.

Bila tak ingin pesan jauh hari pun tak mengapa karena harga penginapan di daerah dataran tinggi ini cukup terjangkau mulai dari 150 ribuan rupiah saja. Dengan harga tersebut, Plesirmania akan mendapatkan fasilitas standar.

Badan Jadi Sehat, Hemat Biaya Pula
© freepik.com
3
Badan Jadi Sehat, Hemat Biaya Pula

Ke Destinasi Wisata Jalan Kaki

Sebagai backpacker sejati pasti akan sangat mempertimbangkan pengeluaran uang hanya untuk sekadar menyewa motor. Oleh karena itu, tim Plesir berpendapat kalau mau bepergian ala backpacker sebaiknya berjalan kaki saja menuju tempat wisatanya. Selain hemat anggaran, berjalan kaki juga menyehatkan.

Namun kalau dirasa tempat wisata yang ingin Plesirmania kunjungi jaraknya cukup jauh, Anda bisa mencoba mencari tumpangan mobil bak yang berlalu-lalang di jalan raya. Itupun kalau Anda tidak sungkan.

Di lain sisi, sebenarnya menyewa motor harganya lumayan murah, sekitar 80 ribu rupiah. Intinya jangan paksakan diri Plesirmania berjalan kaki. Sebaliknya apabila ingin menyewa kendaraan, silakan saja.

Tak Selalu Murahan, yang Penting Kenyang
© freepik.com
4
Tak Selalu Murahan, yang Penting Kenyang

Makan Makanan yang Murah

Meskipun unsur utama bepergian ala backpacker adalah hemat biaya, tetap saja jangan lupakan asupan bergizi. Ada banyak warung makan di sekitar dataran tinggi ini yang menjual makanan murah tapi tetap kaya akan gizi.

Carilah makanan yang harga jualnya mulai dari 15 ribu rupiah atau kurang dari itu. Karena Dieng merupakan sebuah desa, maka kemungkinan besar harga makanan lengkap bergizi masih bisa Anda dapatkan di harga 10 ribuan rupiah.

Makin Ramai Makin Seru
© freepik.com
5
Makin Ramai Makin Seru

Lakukan Perjalanan Berkelompok

Rekomendasi kami

Rumus biaya perjalanan wisata semakin murah adalah banyaknya jumlah orang yang berangkat travel. Hal ini berlaku khusus untuk backpacker pembawa backpack yang mau ikut open trip saja. Jikalau Plesirmania berminat backpacker berkelompok, maka itu akan makin menguntungkan.

Anda pun jadi bisa kenal orang banyak dari berbagai daerah serta menambah teman baru. Daripada pergi solo trip, mengapa tidak coba pergi berkelompok dengan backpacker yang lain. Bukan begitu? Momen libur sudah pasti jadi lebih bermakna!

Tanya Jawab Seputar Wisata ke Dieng ala Backpacker

Sebelum mengakhiri rangkaian panjang penjelasan wisata ke Dieng ala backpacker, sempatkanlah membaca sejumlah pertanyaan seperti di bawah ini:

Ke Dieng bagus bulan apa?

Juli, Agustus, dan September adalah bulan yang bagus untuk berkunjung ke daerah dataran tinggi tersebut.

Apa yang bisa dilakukan di Dieng?

Terdapat banyak hal yang bisa Plesirmania lakukan di daerah dataran tinggi tersebut. Anda bisa melihat golden sunrise dari Bukit Sikunir yang terkenal, melihat pemandangan Telaga Warna yang cantik dari ketinggian Batu Pandang Ratapan Angin, hingga relaksasi di pemandian air panas daerah pegunungan.

Dari Wonosobo ke Dieng naik apa?

Naik shuttle bus atau micro bus, ojek atau taksi DNA.

Bagaimana cara ke Dieng dari Jakarta?

Ada tiga cara ke Dieng dari Kota Jakarta, yaitu naik bus ke Wonosobo atau naik kereta turun Stasiun Purwokerto, naik minibus travel, dan naik kereta api ke Purwokerto.

Kesimpulan: Wisata ke Dieng ala Backpacker

Singkatnya, cara berwisata ke Dieng ala backpacker harus memilih semua hal serba murah tapi jangan murahan. Ini berlaku untuk semua kebutuhan mulai dari transportasi hingga akomodasi.

Jika merasa canggung liburan sendiri, Anda juga bisa pergi berkelompok saat backpackering. Yang terpenting pula siapkan waktu yang cukup untuk berwisata. Jadi, ayo rencanakan segera!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo