Hide Menu

Ternyata Oh Ternyata, Biaya ke Pulau Bawean Hanya Butuh 6 Rincian Ini Saja, Simak!

Macam-Macam Biaya Penunjang Selama Liburan ke Bawean Island yang Perlu Dicatat, Lengkap!

Artikel Biaya ke Pulau Bawean ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Biaya ke Pulau Bawean 2024
© freepik.com

Ke Pulau Bawean Butuh Budget Berapa?

Ke Pulau Bawean Butuh Budget Berapa?
freepik.com

Pulau Bawean adalah sebuah nama pulau yang berada di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Letak pulau ini berseberangan dengan Kota Gresik sejauh 150 km. Untuk mencapai Bawean dari Gresik, Anda perlu menyiapkan dana kurang lebih sebesar 1 juta 500 ribu rupiah.

Biaya tersebut meliputi ongkos naik kapal pulang-pergi (PP), makan dan minum, penginapan, sewa motor, tiket masuk wisata, serta uang beli oleh-oleh. Tentu saja besaran biaya ini belum termasuk biaya lain-lain.

Untuk mengetahui rincian biaya ke Pulau Bawean, bacalah keseluruhan artikel berikut. Pastikan Anda mencatatnya dan juga ikut menghitung agar Plesirmania tahu berapa banyak yang harus Anda siapkan. Yuk, simak uraian lengkapnya di bawah!

Gimana Cara ke Pulau Bawean?

Gimana Cara ke Pulau Bawean?
freepik.com

Secara umum ada dua cara, naik kapal laut dan naik pesawat terbang. Kalau naik kapal mulai dari Pelabuhan Gresik atau dari Pelabuhan Paciran, Lamongan. Terdapat dua jenis kapal yang dapat mengantarkan Anda, antara lain kapal cepat KMC Express Bahari dan kapal ferry KMP Gili Iyang.

Kapal cepat Express Bahari menyediakan keberangkatan penyeberangan dari Pelabuhan Gresik ke Pelabuhan Bawean. Sementara itu, kapal feri Gili Iyang memprioritaskan keberangkatan dari Pelabuhan Paciran ke Pelabuhan Bawean.

Beda jalur keberangkatan, beda pula jadwal keberangkatan. Jadwal keberangkatan kapal cepat Express Bahari berangkat pada hari Senin, Rabu, dan Sabtu. Sedangkan jadwal keberangkatan kapal feri berangkat pada hari Selasa, Sabtu, dan Minggu.

Akses ke Pulau Bawean kedua yakni menggunakan pesawat kecil Susi Air. Untuk jadwal keberangkatan pesawat tersedia setiap Senin, Selasa, Kamis, Jumat, dan Sabtu. Plesirmania cukup berangkat dari Bandara Juanda Surabaya.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Biaya ke Pulau Bawean - Terbaru 2024

Sudah dapat dipastikan bahwa trip to Bawean gampang Anda kunjungi, bukan? Tanpa berlama-lama lagi, ayo cari tahu lebih lanjut berapa besaran biaya ke sana!

1
Biaya Transportasi Pulang-Pergi

Kurang Lebih Membutuhkan Biaya 400 Ribu Rupiah

Biaya Transportasi Pulang-Pergi

2
Biaya Makan dan Minum 3 Hari

Kurang dari 200 Ribu, Lho!

Biaya Makan dan Minum 3 Hari

3
Biaya Penginapan

Siapkan Dana Sebesar 100 Ribu Rupiah!

Biaya Penginapan

4
Biaya Tiket Masuk Wisata

Gratis, tapi Perlu Bayar Sewa Perahu!

Biaya Tiket Masuk Wisata

5
Biaya Sewa Motor

100 Ribu Udah Cukup Kok Buat Sewa 1 Hari

Biaya Sewa Motor

6
Biaya Beli Oleh-oleh

Bawalah Uang 200 Ribu Rupiah di Kantong

Biaya Beli Oleh-oleh

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Kurang Lebih Membutuhkan Biaya 400 Ribu Rupiah
© freepik.com
1
Kurang Lebih Membutuhkan Biaya 400 Ribu Rupiah

Biaya Transportasi Pulang-Pergi

Rekomendasi kami

Tim Plesir telah mengatakan sebelumnya bahwa ada dua cara biar bisa sampai Pulau Bawean, yakni dengan kapal atau pesawat. Perlu Anda catat kalau pergi dengan kapal biayanya lebih murah, yaitu mulai 69 ribu rupiah. Ini berlaku untuk kapal feri, ya. Kalau kapal cepat biayanya mulai dari 194 ribu rupiah.

Bagaimana biaya naik pesawat? Harganya mulai dari 374 ribu rupiah. Dari keterangan biaya tersebut, tim Plesir menyarankan naik kapal saja untuk berangkat maupun pulang sebab biaya tiket kapal lebih terjangkau.

Sebelum itu, Plesirmania sudah paham ‘kan kalau naik kapal feri membutuhkan waktu 8 jam? Lama perjalanan menggunakan perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih kapal feri atau kapal cepat untuk sampai ke Bawean.

Sebelum melanjutkan, lihatlah perbandingan harga tiket kapal dan pesawat berikut:

Jenis TransportasiHargaLama Perjalanan (Jam)
Kapal cepatRp. 194.0003-4
Kapal feriRp.   69.0008-9
PesawatRp. 375.0001

Dari rincian tabel biaya di atas, menurut Plesirmania mana di antara ketiga transportasi itu yang dapat diandalkan? Kalau menurut tim Plesir adalah kapal cepat. Alasannya hemat waktu dan biaya cukup terjangkau. Setuju? Maka itu, anggarkan biaya transportasi PP Bawean sebesar Rp. 194.000 x 2 = Rp. 388.000.

Kurang dari 200 Ribu, Lho!
© freepik.com
2
Kurang dari 200 Ribu, Lho!

Biaya Makan dan Minum 3 Hari

Rekomendasi kami

Selanjutnya, pastikan Anda mencatat juga pengeluaran untuk makan dan minum. Hitunglah rata-rata sekali makan sebesar 15 ribu rupiah. Tenang saja, dengan 15 ribu rupiah sudah bisa makan enak di warung-warung milik penduduk asli Bawean. Jika sepakat, buatlah perhitungannya seperti:

Biaya Makan 3 Hari

  • 1 kali makan: Rp. 15.000
  • 1 hari butuh makan 3 kali: Rp. 45.000
  • 3 hari butuh makan 9 kali: Rp. 135.000

Biaya Minum 3 Hari

  • 1 botol air mineral 600 ml: Rp. 3.000
  • 1 hari butuh 2 botol: Rp. 6.000
  • 3 hari butuh 6 botol: Rp. 36.000

Maka, jumlah biaya makan dan minum dari Rp. 135.000 + Rp. 36.000 adalah Rp. 171.000.

Siapkan Dana Sebesar 100 Ribu Rupiah!
© freepik.com
3
Siapkan Dana Sebesar 100 Ribu Rupiah!

Biaya Penginapan

Rekomendasi kami

Memang belum ada hotel berbintang seperti di daerah wisata lainnya. Namun, penginapan di Bawean cukup nyaman karena fasilitas di dalam kamar lengkap. Ada spring bed, TV, kamar mandi, AC, kipas angin, dan perangkat WiFi.

Kebanyakan penginapan yang tersebar luas di Pulau Bawean berada dekat Pelabuhan Sangkapura. Jadi, aman deh kalau mau jalan kaki dari pelabuhan! Terkait rata-rata harga penginapan di sana mulai dari 100 ribu rupiah saja.

Lalu, berapa dana yang perlu Plesirmania keluarkan? Tergantung dari seberapa lama Anda akan menginap. Katakanlah Anda ingin menginap 2 malam, maka hitungannya menjadi:

  • Harga penginapan 1 malam: Rp. 100.000
  • 2 malam x Rp. 100.000: Rp. 200.000

Jadi, besaran uang yang harus Anda keluarkan adalah Rp. 200.000.

Gratis, tapi Perlu Bayar Sewa Perahu!
© freepik.com
4
Gratis, tapi Perlu Bayar Sewa Perahu!

Biaya Tiket Masuk Wisata

Menurut Mochamad E dan Bambang M (2016), Bawean merupakan salah satu pulau kecil di sebelah utara Gresik yang mempunyai pariwisata indah. Di Bawean Island juga terdapat beberapa objek wisata menarik untuk dikunjungi, seperti Danau Kastoba, Pantai Mayangkara, Pantai Mombhul, dan Pantai Noko Selayar.

Tim Plesir memperoleh info bahwa jika Anda ingin berkunjung ke setiap tempat wisata tadi, Anda tidak perlu membayar biaya tiket masuk. Yang perlu Anda bayarkan adalah biaya sewa perahu. Sewa Perahu ini berlaku hanya untuk pergi ke Pantai Mombhul dan Pantai Noko Selayar.

Melalui pencarian dari beberapa sumber termasuk idntimes.com, tim Plesir mendapatkan informasi bahwa biaya sewa perahu nelayan mencapai Rp. 200.000-Rp. 300.000. Jika demudian, Plesirmania bisa menghitung pengeluaran sewa perahu sebesar Rp. 300.000 x 2 = Rp. 600.000.

100 Ribu Udah Cukup Kok Buat Sewa 1 Hari
© freepik.com
5
100 Ribu Udah Cukup Kok Buat Sewa 1 Hari

Biaya Sewa Motor

Selanjutnya, biaya yang harus Anda catat lagi adalah budget sewa motor. Biaya sewa motor bervariasi tergantung motor apa yang Plesirmania pinjam. Anda dapat mengira-ngira biaya sewanya sebesar 100 ribu rupiah per hari. Karena Anda ingin wisata Bawean selama 3 hari 2 malam, maka siapkan dana sebesar 300 ribu rupiah.

Bawalah Uang 200 Ribu Rupiah di Kantong
© freepik.com
6
Bawalah Uang 200 Ribu Rupiah di Kantong

Biaya Beli Oleh-oleh

Rekomendasi kami

Sebenarnya biaya oleh-oleh tidak perlu dituliskan karena ini bergantung pada kebutuhan Plesirmania. Namun, tim Plesir menilai akan tetap bermanfaat apabila dicantumkan juga. Lalu, sebagai estimasi biaya oleh-oleh ini bisa Anda catat sebesar 150 ribu rupiah.

Total uang 150 ribu rupiah adalah perkiraan saja. Anda bisa menambahkannya apabila ingin beli banyak makanan khas Bawean. Mengenai oleh-olehnya, belilah kerupuk ikan posot. Kerupuk ikan posot dijual dengan harga Rp. 38.000 sebungkus.

Selain itu, Anda juga bisa membeli kripik empek-empek. Harganya sekitar Rp. 29.000 sebungkus. Kalau mau membawa gula aren khas Bawean, Plesirmania bisa membelinya sebanyak 1 kg dengan harga Rp. 36.000.

Total pengeluaran membeli kerupuk ikan posot, keripik empek-empek, dan gula aren dari penjumlahan Rp. 38.000 + Rp. 29.000 + Rp. 36.000 adalah Rp. 103.000. Gak sampai 150 ribu ‘kan totalnya, Plesirmania?

Tanya Jawab Seputar Biaya ke Pulau Bawean

Sudahkah Anda ikut menghitung keenam biaya tour wisata Pulau Bawean? Jika sudah, saatnya beranjak ke bagian pertanyaan dan jawaban seputar biaya ke Pulau Bawean. Let’s go!

Berapa lama naik kapal ke Pulau Bawean?

Kurang lebih 3-4 jam perjalanan menggunakan kapal cepat dan 8-9 jam perjalanan menggunakan kapal motor.

Ada apa saja di Pulau Bawean?

Banyak wisata alam indah di P. Bawean, antara lain Pantai Mayangkara, Pantai Mombhul, Pantai Noko Selayar, Penangkaran Rusa, dan lain-lain.

Apakah Bawean termasuk Gresik?

Ya, Bawean termasuk ke dalam Kabupaten Gresik.

Bawean menggunakan bahasa apa?

Orang Bawean menggunakan bahasa Madura berdialek Bawean sebagai alat komunikasi sehari-hari.

Kesimpulan: Biaya ke Pulau Bawean

Sebaiknya, sebelum pergi ke Bawean Island, Anda hitung dulu biaya ke Pulau Bawean supaya budget liburan tidak boros. Paham ‘kan apa saja biayanya? Yup! Cuma perlu mencatat ongkos transportasi PP, konsumsi, akomodasi, sewa motor, tiket masuk wisata, dan oleh-oleh.

Kemudian, didapatkan jumlah perhitungan dari keenam biaya Rp. 388.000 + Rp. 171.000 + Rp. 200.000 + Rp. 600.000 + Rp. 300.000 + Rp. 150.000 ialah Rp. 1.809.000. Itulah total biaya berlibur ke Bawean dengan estimasi stay 3 hari 2 malam. Akhir kata, ayo rencanakan liburan Anda dengan teliti segera!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo