Hide Menu

Bisa Gak Cek Out Kamar Jam 12? Bisa Dong, Ikuti Aja 5 Prosedur Check Out Tamu Hotel Ini!

Prosedur Nomor 1 Paling Penting Sebelum Keluar Kamar, Wajib Berkemas dan Tidak Meninggalkan, Selanjutnya Ada di Bawah!

Artikel Prosedur Check Out Tamu Hotel ini diposting diperbarui
4 Pembaca
Like
Prosedur Check Out Tamu Hotel 2024
© freepik.com

Pentingnya Mengerti Prosedur Terkait Check Out Tamu di Hotel

Pentingnya Mengerti Prosedur Terkait Check Out Tamu di Hotel
freepik.com

Menginap di hotel tentunya memiliki prosedur tersendiri. Check out hotel adalah sebuah frasa dalam bahasa Inggris yang mempunyai arti proses pengeluaran barang dari dalam kamar penginapan sekaligus membayar tagihan atau bill. Lalu, yang membuat penting itu apa?

Jawabannya adalah proses pengeluaran barang, mengembalikan kunci kamar, hingga membayar tagihan apabila ada kerusakan barang. Ini yang dimaksud pentingnya mengerti alur check out itu sendiri.

Sama halnya dengan checkin atau masuk hotel. Para tamu yang menginap diharapkan mengetahui peraturan A sampai Z prosedur check out tamu hotel tersebut. Alasannya lagi-lagi bukan hanya mengerti ataukah memahami, melainkan menghindari perilaku kurang pantas, seperti meninggalkan hotel dengan banyak sampah.

Dapat tim Plesir garis bawahi bahwa penting sekali mengerti alur atau tata cara melakukan check out bagi calon tamu dan termasuk Anda sang pembaca. Maka, teruslah mengikuti rangkaian artikel yang membahas prosedur ini dengan menyimak hal apa yang harus Anda lakukan sebelum cek out. Nantikan sesaat lagi!

Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Check Out

Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Check Out
freepik.com

Bagi sebagian tamu hotel, melakukan sejumlah hal di bawah mungkin tak dibutuhkan. Akan tetapi, hal tersebut dapat membantu meringankan beban kerja staf hotel. Maka, ini yang harus Plesirmania lakukan sebelum check out:

  • Mengembalikan Furnitur Hotel ke Tempat Semula

Sebagai tamu yang baik, sebelum Anda keluar kamar sebaiknya rapikan dulu furniture (kursi dan meja) seperti semula atau at least tertata rapi di tempatnya. Memang banyak yang tak aware tentang hal ini. Jadi, usahakan Anda melakukannya, ya.

  • Pastikan Sudah Membuang Sampah

Cerminan perilaku tamu hotel yang layak diacungi jempol adalah membuang sampah di tempat sampah yang sudah disediakan. Kalau bisa, ikat plastik sampah agar sampah di dalam plastik tidak tercecer.

  • Hindari Meninggalkan Handuk di Sembarang Tempat

Tidak meninggalkan handuk di sembarang tempat atau meletakkan handuk basah di atas karpet bahkan furnitur adalah perilaku yang baik. Kalau Anda meninggalkan handuk basah di atas televisi misalnya, otomatis dapat mengakibatkan kerusakan pada fasilitas atau benda di kamar hotel. Gak mau ‘kan membayar denda? Maka, sebaiknya tidak menaruh barang secara sembarangan, ya.

  • Jangan Tinggalkan Piring Kotor

Tahukah Anda bahwa piring kotor menyebabkan bau tidak sedap? Agar bau dari piring kotor atau kotoran lain tak mengganggu tamu lain, Plesirmania bisa membilasnya terlebih dahulu dengan air di wastafel.

  • Bersihkan Pecahan Barang

Jikalau tidak sengaja memecahkan gelas atau botol di dalam kamar, sebaiknya Anda bersihkan kotoran pecahan tersebut agar tidak menimbulkan bahaya pada staf hotel. Plesirmania juga harus siapkan dana untuk mengganti barang yang sudah dipecahkan.

  • Tak Perlu Merapikan Tempat Tidur

Dari semua hal di atas, hal seperti tidak merapikan tempat tidur pasti membuat Anda senang, bukan? Bagi staf hotel pun demikian. Kalau Anda merapikan kasur, petugas tidak akan mengetahui apakah Anda sudah menggunakan tempat tidur tersebut atau belum dan mereka tidak akan mengganti spreinya.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Prosedur Check Out Tamu Hotel - Terbaru 2024

Nyayu Ully (2022) menjelaskan bahwa check out secara langsung dapat tamu lakukan melalui bantuan seorang front desk agent di bagian front office. Namun, bagaimana langkahnya yang benar? Inilah langkah-langkah sistem cek out tamu hotel dari awal sampai akhir di meja resepsionis yang harus Anda tahu. Simak sekarang!

1
Kemasi Barang

Jangan Tinggalkan Barang Pribadi Apapun di dalam Kamar

Kemasi Barang

2
Isi Guest Card

Berikan Kritik dan Saran Terbaik kepada Pihak Hotel

Isi Guest Card

3
Pergi ke Resepsionis

Lokasi Ada di Bagian Depan Hotel, Sama Saat Check In

Pergi ke Resepsionis

4
Ambil Deposit

Tagih Uang Deposit kepada Staf Resepsionis

Ambil Deposit

5
Penjemputan Bagasi

Minta Bellboy Membawakan Barang

Penjemputan Bagasi

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Jangan Tinggalkan Barang Pribadi Apapun di dalam Kamar
© freepik.com
1
Jangan Tinggalkan Barang Pribadi Apapun di dalam Kamar

Kemasi Barang

Rekomendasi kami

Pertama-tama, hal yang harus Anda lakukan untuk check out adalah berkemas. Mengemas barang-barang pribadi Anda, termasuk baju, koper, oleh-oleh atau apapun tapi jangan mengemas barang milik hotel yang tidak boleh Anda bawa pulang, ya.

Kemudian, periksa juga jadwal check out pada penginapan tersebut. Apakah batas waktu bebas cek out jam 1 atau pukul 3? Sebab, kalau Anda melebihi jam cek out, ada charge atau bayar tambahan biaya karena keterlambatan.

Apabila Anda ingin check out di jam tertentu, misal jam 7 malam atau 8 pagi di keesokan hari di luar waktu yang telah ditentukan, pastikan untuk melakukan konfirmasi kepada staf penginapan terlebih dulu.

Berikan Kritik dan Saran Terbaik kepada Pihak Hotel
© freepik.com
2
Berikan Kritik dan Saran Terbaik kepada Pihak Hotel

Isi Guest Card

Setelah memastikan bahwa barang Anda sudah masuk semua di dalam koper dan tidak ada yang tertinggal satu pun, maka langkah selanjutnya adalah mengisi guest card (kartu tamu) atau formulir kritik dan saran. Form tersebut tak perlu Plesirmania download online karena sudah disediakan oleh pihak hotel.

Kartu tamu ini berfungsi untuk menyampaikan kritik dan masukan terhadap fasilitas layanan dari penginapan. Mengisi form tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada hotel supaya pihak penginapan dapat melakukan evaluasi terkait layanan dan fasilitas.

Lokasi Ada di Bagian Depan Hotel, Sama Saat Check In
© freepik.com
3
Lokasi Ada di Bagian Depan Hotel, Sama Saat Check In

Pergi ke Resepsionis

Rekomendasi kami

Tahap selanjutnya ialah menuju ke meja resepsionis di front office. Kemudian, sampaikan maksud untuk check out. Staf jaga resepsionis akan melakukan pengecekan kamar dari daftar cek out tamu di hari itu.

Anda bisa langsung kembalikan kunci kamar kepada staf yang berjaga. Tetap perhatikan apakah kunci hotel yang Anda berikan kondisinya tetap sama seperti apa yang Anda terima.

Hal tersebut penting, karena kalau sampai salah, Anda perlu mencari kunci itu sampai ketemu. Apabila tidak ketemu, maka Anda harus mengganti kerugian dengan sejumlah uang sesuai kebijakan penginapan.

Tagih Uang Deposit kepada Staf Resepsionis
© freepik.com
4
Tagih Uang Deposit kepada Staf Resepsionis

Ambil Deposit

Tadi tim Plesir sebutkan kalau Anda harus hati-hati saat menginap di hotel. Hal ini berhubungan dengan pembayaran denda dan tagihan tambahan. Denda dapat berupa kerusakan yang Anda lakukan terhadap benda atau barang di dalam room.

Sementara untuk tagihan tambahan adalah charge terkait request barang yang Anda minta selama menginap, entah barang elektronik atau permintaan makanan khusus. Kemudian, jangan lupa juga mengambil kembali deposit yang sebelumnya Anda berikan ketika book kamar di awal atau saat check-in (CI).

Deposit sendiri merupakan salah satu jaminan jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Sebagai contoh, memecahkan vas bunga atau merusak fasilitas televisi. Ini artinya kalau Anda punya tagihan, uang tagihan akan dipotong melalui deposit.

Minta Bellboy Membawakan Barang
© freepik.com
5
Minta Bellboy Membawakan Barang

Penjemputan Bagasi

Rekomendasi kami

Langkah terakhir prosedur check out hotel yaitu staf akan membantu Anda mengangkat barang sampai ke depan hotel. Jika butuh lebih, staf ini juga bahkan akan membantu memasukkan barang bawaan ke dalam bagasi mobil.

Hal pengantaran ini dapat Anda minta saat telah menyerahkan kunci dan membayar semua tagihan. Anda boleh juga memberikan tip sebagai bentuk apresiasi terhadap staf penginapan karena telah membantu membawakan barang Anda.

Tanya Jawab Seputar Prosedur Check Out Tamu Hotel

Tim Plesir berharap Anda belum beralih ke bagian penutup karena masih ada sejumlah pertanyaan yang harus Anda baca terkait cara check out hotel, seperti:

Apa yang dilakukan bellboy saat menangani tamu check out?

Bellboy akan membawakan barang tamu sampai ke area pintu keluar atau hingga meletakkan barang tersebut ke dalam bagasi kendaraan.

Langkah langkah melayani tamu check in?

Adapun langkah resepsionis dan staf hotel dalam melayani tamu yang check-in adalah sebagai berikut. 

  1. Pertama, mengucapkan salam.
  2. Memperkenalkan diri kepada tamu.
  3. Lalu, membawakan barang bawaan tamu.
  4. Mengantar tamu ke lobby hotel.
  5. Terakhir, melanjutkan registrasi ke bagian front office.

Kenapa cekin harus jam 2?

Kebanyakan hotel sepakat bahwa di sela sebelum jam 2 antara jam 12 dan 1 siang kamar harus dibersihkan terlebih dahulu. Jadi, ketika Anda masuk ke kamar, ruangan tersebut telah siap untuk digunakan. 

Check in dan check out hotel jam berapa?

Anda bisa check in pukul 2 siang dan check out pukul 12 siang.

Kesimpulan: Prosedur Check Out Tamu Hotel

Demikianlah rangkuman cara check out hotel di Indonesia. Semuanya bermula dari mengemas barang pribadi Anda, mengisi formulir kritik dan saran, menuju ke meja resepsionis, mengambil deposit, lalu penjemputan bagasi.

Langkah-langkah ini mudah apabila Anda memperhatikannya dengan baik. Anda tidak perlu bingung lagi bagaimana cara cek out yang benar. Jadi, selamat mencoba!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo