Hide Menu

Catat 4 Macam-Macam Guest Amenities di Hotel Berikut dan Nikmati Semua Saat Menginap!

Daftar Terlengkap Kumpulan Benda Guest Amenities Beserta Penjelasan dan Fungsi, Semua Ada di Sini

Artikel Macam-Macam Guest Amenities di Hotel ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Macam-Macam Guest Amenities di Hotel 2024
© freepik.com

Apa Itu Amenities?

Apa Itu Amenities?
freepik.com

Amenities dalam bahasa Inggris memiliki arti fasilitas. Jadi, pengertian amenities hotel merupakan sebuah fasilitas pendukung dalam kamar hotel untuk memberikan kenyamanan pada para tamu. Tidak hanya memberikan kenyamanan, melainkan juga agar pengunjung betah selama menginap di hotel.

Dalam praktiknya, amenities ini dapat dijadikan sebagai kesan dan pengalaman yang baik untuk para tamu. Kemudian, dapat berguna pula untuk memahami tingkat kepuasan sejumlah tamu. Sehingga secara khusus, fasilitas hotel yang lengkap amat sangat menentukan calon tamu untuk jadi menginap atau tidak.

Plesirmania yang sudah pernah menginap di hotel pasti paham amenities ini bentuknya seperti apa. Yup! Anda akan sering menjumpai supply amenities di lobby maupun kamar hotel. Contoh mudahnya yaitu brosur hotel, AC, TV, dan handuk.

Bagaimana nih Plesirmania, tertarik untuk lanjut memahami penjelasan macam-macam guest amenities di hotel? Jika ya, tim Plesir akan jelaskan secara singkat setelah uraian jenis-jenis amenities berikut. Stay tuned!

Guest Amenities dan Jenisnya

Guest Amenities dan Jenisnya
freepik.com

Yang sedang tim Plesir bahas saat ini adalah guest amenities. Apa yang dimaksud guest room amenities sebenarnya? Yakni perlengkapan dari pihak hotel di ruang tamu kamar berupa pena, kertas memo, guest comment, dan map folder.

Secara umum, guest room amenities termasuk ke dalam pengelompokan tiga jenis amenities hotel, bukan masuk ke list housekeeping, bersamaan dengan room service dan bathroom. Lebih lanjut, inilah pembahasan facility tersebut:

  • Room Service Amenities

Merupakan fasilitas yang terdapat di dalam kamar. Contoh nama fasilitas tersebut antara lain TV, mini bar list, telepon, memo pad, teh, kopi, air mineral, mirror, hanger, sandal hotel, dan masih banyak lagi.

  • Bathroom Amenities

Lazimnya, bathroom amenities adalah fasilitas di dalam kamar mandi yang sering Plesirmania temukan. Misal, shower room, toilet bowl list, sabun, hairdryer, razor, shampoo, sikat gigi, pasta gigi, dan lain sebagainya.

Perlu Plesirmania ingat bahwa penjelasan di atas juga mengindikasikan perbedaan terkait jenis-jenis amenities di dalam hotel. Jadi, Anda sudah paham mana benda yang termasuk guest amenities dan bukan bathroom amenities, ‘kan?

Amenities Hotel yang Boleh Dibawa Pulang

Amenities Hotel yang Boleh Dibawa Pulang
freepik.com

Ternyata, para tamu yang telah selesai menginap di hotel boleh membawa pulang benda di dalam kamar yang Anda pesan. Akan tetapi, tidak semua benda di dalam kamar hotel boleh Anda bawa. Amenities berikut adalah rangkaian barang yang boleh pengunjung bawa pulang, seperti: 

  • Pasta gigi
  • Sikat gigi
  • Sabun batang atau cair
  • Sampo
  • Sandal
  • Shower cap
  • Cotton bud
  • Sisir
  • Kopi dan teh
  • Air mineral
  • Pulpen atau notepad
E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Macam-Macam Guest Amenities di Hotel - Terbaru 2024

Tahukah Plesirmania bahwa dalam penyediaan guest amenities, pihak hotel memerlukan berbagai pertimbangan. Pertimbangan tersebut berupa jumlah kamar yang tersedia pada hotel, jumlah amenities yang diatur pada setiap kamar, perkiraan jumlah tamu yang menginap, kondisi high seasonlow season, dan occasional moment (Ni Made, 2023).

Maka, setelah tim Plesir jelaskan mengenai pengertian guest room amenities dan jenis-jenis amenities dalam dunia perhotelan, saatnya melanjutkan pembahasan tentang macam-macam guest amenities di hotel. Yuk, segera baca penjelasannya di bawah!

1
Pulpen

Alat Tulis Menulis Memo

Pulpen

2
Paper

Secarik Kertas untuk Menuliskan Pesan

Paper

3
Map Folder

Berisi Brosur Hotel Sekaligus Map Kota Wisata

Map Folder

4
Guest Comment

Tuliskan Kritik dan Saran yang Membangun!

Guest Comment

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Alat Tulis Menulis Memo
© freepik.com
1
Alat Tulis Menulis Memo

Pulpen

Rekomendasi kami

Pulpen sebagai alat tulis yang digunakan di dalam hotel, baik hotel bintang 5, 4, maupun 3, berfungsi untuk menulis di writing paper atau memo. Ini menjadi salah satu benda yang termasuk ke dalam guest amenities pertama. Anda dapat menulis catatan permintaan menggunakan pulpen yang disediakan oleh pihak hotel.

Secarik Kertas untuk Menuliskan Pesan
© freepik.com
2
Secarik Kertas untuk Menuliskan Pesan

Paper

Rekomendasi kami

Kalau tadi ada pulpen untuk menulis memo, contoh guest amenities kedua ialah paper. Selain menyediakan pulpen, pihak hotel yang Anda singgahi biasanya juga menyediakan kertas atau paper untuk menulis pesan yang ingin Anda sampaikan kepada orang yang Anda tuju.

Sebagai antisipasi apabila tamu hotel tidak mempunyai kertas, pihak penginapan telah menyediakannya terlebih dahulu. Anda dapat menuliskan pesan berupa gambar atau tulisan sampai ke hal-hal personal sekalipun, contohnya nomor telepon.

Berisi Brosur Hotel Sekaligus Map Kota Wisata
© freepik.com
3
Berisi Brosur Hotel Sekaligus Map Kota Wisata

Map Folder

Rekomendasi kami

Apabila Anda perhatikan ketika sampai di meja ruang tamu kamar hotel Anda, tepat di sebelahnya terdapat map folder yang berisi brosur hotel, brosur map atau peta daerah wisata setempat, menu, SOP, dan lain-lain. Isian map folder ini sesuai dengan atau tergantung pada hotel tersebut.

Biasanya, staf resepsionis tidak menawarkan secara langsung kepada tamu hotel untuk mengambil brosur atau isian yang lainnya. Dengan tidak ada tanda”Dilarang Mengambil,” Plesirmania boleh saja mengambil kertas brosur tersebut. Akan tetapi, sebaiknya tanyakan lebih dahulu saja kepada staf yang bertugas.

Tuliskan Kritik dan Saran yang Membangun!
© freepik.com
4
Tuliskan Kritik dan Saran yang Membangun!

Guest Comment

Rekomendasi kami

Bagian terakhir dari guest amenities ialah guest comment. Ini merupakan amenities keempat yang disediakan oleh hotel agar para tamu dapat menuliskan kritik dan saran terhadap fasilitas dan pelayanan di hotel tersebut.

Anda bisa menuliskan pendapat jujur, kritik membangun, atau bahkan review terkait hotel yang Anda inapi secara keseluruhan. Plesirmania tak perlu takut untuk menuliskan komentar sejujur-jujurnya. Sebab, hal itu sangat dibutuhkan pihak hotel sebagai sumber perbaikan diri.

Tanya Jawab Seputar Macam-Macam Guest Amenities di Hotel

Segera lanjutkan scrolling ke keempat catatan pertanyaan terkait guest ammenities. Tanpa basa-basi, langsung baca daftarnya di bawah!

Apa saja yang termasuk guest amenities?

Yang termasuk barang-barang guest amenities adalah pulpen, selembar kertas, map folder, dan guest comment.

Apa yang dimaksud dengan guest supplies dan contohnya?

Guest supplies adalah barang-barang yang dibutuhkan oleh tamu hotel selama menginap. Barang tersebut umumnya bisa digunakan secara sementara atau nantinya dibawa pulang oleh tamu hotel. Contohnya yaitu shampoo, sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi, sabun cuci tangan, handuk, alas kaki, pengering rambut, tas laundry, dan peralatan setrika.

Apa itu bathroom amenities?

Yaitu bagian dari fasilitas yang ada di kamar mandi hotel atau bathroom. Contohnya, sampo, sikat gigi, pasta gigi, sabun mandi, sisir, dan lain-lain.

Di kamar mandi hotel ada apa saja?

Ada amenities (sikat gigi, sisir, pasta gigi, sampo), bathtub atau bak mandi, shower, dispenser sabun foam cair dan sampo, wadah tisu toilet, rak kaca sudut, gantungan handuk, wastafel, cermin, dan tempat sampah.

Kesimpulan: Macam-Macam Guest Amenities di Hotel

Akhirnya, selesai juga tim Plesir menyampaikan macam-macam guest amenities di sebuah hotel yang terdiri dari empat benda, yakni pulpen, writing paper, map folder, dan guest comment.

Anda dapat menemukan fasilitas tersebut di lobi kamar hotel. Jika tidak ketemu, Anda bisa menanyakannya ke staf resepsionis. Semoga informasi di atas membantu Plesirmania agar tidak salah lagi membawa fasilitas hotel, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo