Hide Menu

Ada Lebih dari 3 Alasan Kenapa Lawang Sewu Angker, Cari Tahu Selengkapnya di Sini!

Rangkuman Alasan Mengapa Kesan Angker Ada pada Bangunan Lawang Sewu Semarang, Lengkap!

Artikel Kenapa Lawang Sewu Angker ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Kenapa Lawang Sewu Angker 2024
© freepik.com

Fakta-Fakta Menarik Lawang Sewu yang Katanya Angker

Fakta-Fakta Menarik Lawang Sewu yang Katanya Angker
freepik.com

Banyak orang menyebut Lawang Sewu adalah salah satu dari tempat terangker di dunia. Ini menjadikan pencapaian tersendiri tentunya bagi Kota Semarang karena orang-orang menjadi penasaran ingin ke sana.

Tim Plesir akan mengungkap alasan kenapa Lawang Sewu angker di section lain. Untuk sekarang, mari mengenal Lawang Sewu dari fakta yang beredar seperti pada deskripsi berikut:

  • Termasuk 102 Bangunan Bersejarah

Faktanya, Lawang Sewu adalah bagian dari 102 bangunan bersejarah yang dijadikan objek wisata yang terletak di Kota Semarang.

  • Jumlah Seribu Pintu

“Seribu Pintu” bukan saja menunjukkan sirkulasi udara, melainkan menunjukkan pula tentang kasta orang Belanda.

  • Kubah Kecil

Bila Anda perhatikan dengan teliti, kubah kecil di puncak menara air dilapisi oleh tembaga dan puncak menara lain terlapisi perunggu.

  • Ornamen Kaca Patri

Kabarnya, ornamen kaca patri ini berasal dari pabrikan Johannes Lourens Schouten. Ornamen kaca itu mempunyai arti tersendiri, yaitu sebagai keindahan Jawa, kekuasaan Belanda pada Kota Semarang, kekuasaan atas Batavia dan kota maritim, serta sebagai kejayaan kereta api.

  • Batu Bata Keramik

Zaman dahulu, batu bata keramik berwarna merah termasuk langka dan tergolong mahal. Sehingga, siapapun yang menggunakannya, lambang kekayaan, kemakmuran, dan kasta tertinggi otomatis langsung tersemat.

  • Desain Bangunan Berbentuk L

Jika Plesirmania lihat dari gambar denah yang beredar di internet, desain bangunan Lawang Sewu sebenarnya menyerupai huruf L. Ini termasuk fakta yang banyak orang tidak ketahui.

Itulah bagian dari fakta-fakta historical bangunan “Seribu Pintu” yang ada di Semarang. Selanjutnya, mari beralih ke larangan dan alasan angkernya Lawang Sewu. Jangan ke mana-mana ya, Plesirmania!

Sejumlah Larangan di Lawang Sewu

Sejumlah Larangan di Lawang Sewu
freepik.com

Lawang Sewu memanglah bangunan kental dengan unsur sejarah. Bangunan tersebut telah Belanda dirikan sejak 1904. Seperti perkataan Dwi H dan Y. Bagio (2013) pada penelitiannya. Mereka mengatakan bahwa Lawang Sewu adalah tempat yang sangat bersejarah bagi Kota Semarang di mana bangunan itu dulunya merupakan kantor milik Belanda (Wilhelminaplein).

Sampai-sampai larangan tak tertulis seolah-olah telah tercatat sebelum memasuki tempat bersejarah ini. Larangan itu antara lain:

  • Tidak boleh memakai pakaian tidak sopan
  • Berbicara sembarangan
  • Jangan sampai berpikiran kosong atau melamun
  • Membuang sampaH sembarangan
E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Kenapa Lawang Sewu Angker - Terbaru 2024

Selanjutnya, bagian terpenting dari alasan kenapa Lawang Sewu angker ada di bagian berikut. Persiapkan diri Anda!

1
Ruang Bawah Tanah

Latar Belakang Beredarnya Kisah Mistis Lawang Sewu

Ruang Bawah Tanah

2
Bangunan yang Terbengkalai

Dipercaya Ada Para Jin yang Bertempat Tinggal di Sana

Bangunan yang Terbengkalai

3
Desain Bangunan Seribu Pintu

Membawa Kisah Seram Tersendiri

Desain Bangunan Seribu Pintu

4
Mitos Hantu Noni Belanda

Wanita-Wanita Belanda yang Pernah Tinggal di Lawang Sewu

Mitos Hantu Noni Belanda

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Latar Belakang Beredarnya Kisah Mistis Lawang Sewu
© freepik.com
1
Latar Belakang Beredarnya Kisah Mistis Lawang Sewu

Ruang Bawah Tanah

Rekomendasi kami

Plersirmania pasti sudah sedikit banyak tahu akan adanya letak ruang bawah tanah di Lawang Sewu. Kemungkinan berita angker paling besar itu tersebar karena adanya ruang bawah tanah yang terdapat penjara dan sumur mistis.

Konon, jikalau Anda mencoba ke Lawang Sewu bawah tanah, Plesirmania bisa dapati hal-hal yang membuat jantung berdebar. Menurut cerita yang beredar, di ruang bawah tanah terdapat ghost serupa manusia dengan mata hijau menyala.

Selain cerita hantu bermata hijau menyala, para warga meyakini pula adanya bau anyir darah di penjara bawah tanah. Ini kemungkinan besar karena ada kaitannya dengan seorang tahanan yang sering tewas di dalam penjara.

Berkaitan dengan sumur di ruang bawah tanah, kabarnya sumur tua itu sudah lama tidak dibuka yang mengakibatkan adanya suara teriakan misterius setiap malam hari. Sumur itu menurut penuturan adalah tempat penyiksaan tentara Belanda oleh tentara Jepang. Teriakan misterius itulah dikabarkan milik para tentara Belanda.

Dipercaya Ada Para Jin yang Bertempat Tinggal di Sana
© freepik.com
2
Dipercaya Ada Para Jin yang Bertempat Tinggal di Sana

Bangunan yang Terbengkalai

Kesan angker yang masyarakat Indonesia sematkan kepada Lawang Sewu tidak lain dan tidak bukan adalah karena terbengkalainya gedung tersebut, tepatnya saat sebelum dilakukan restorasi. Akibat tidak adanya aktivitas manusia di dalam gedung memungkinkan para jin-jin mendiami tempat itu.

Dengan demikian, tidak aneh ‘kan Lawang Sewu disebut angker? Keangkeran itu ternyata terjadi akibat bangsa jin yang menyukai tempat terbengkai, gelap, lembab, dan berantakan. Hal ini terus mendapat perhatian dari pengelola.

Mereka akhirnya melakukan pembangunan kembali gedung lama yang gelap menjadi lebih terang dengan memberikan penerangan di setiap bagian yang ada di gedung tersebut, bahkan hingga ke bagian loteng.

Membawa Kisah Seram Tersendiri
© freepik.com
3
Membawa Kisah Seram Tersendiri

Desain Bangunan Seribu Pintu

Karakteristik fisik bangunan Lawang Sewu ikut menyebarkan unsur angker dan mistis. Dapat Anda lihat di banyak foto, bangunan tersebut memiliki arsitektur pintu berjumlah hampir 1000 beserta koridor yang membuat bingung.

Sehingga, masyarakat mempercayai banyaknya pintu dan koridor seperti itu membuat bangunan terlihat angker. Di sisi lain, ada banyak sudut tersembunyi dan ruang gelap yang dapat memicu para pengunjung berpikir unsur mistis itu benar adanya.

Wanita-Wanita Belanda yang Pernah Tinggal di Lawang Sewu
© freepik.com
4
Wanita-Wanita Belanda yang Pernah Tinggal di Lawang Sewu

Mitos Hantu Noni Belanda

Menurut legenda dan mitos Lawang Sewu yang beredar, keberadaan Noni Belanda mengundang desas-desus bahwa tempat 1000 pintu itu angker. Banyak warga setempat percaya penampakan hantu wanita berkebaya putih sering muncul di koridor.

Mitos ini asal-usulnya berasal dari kebanyakan wanita Belanda tinggal di tempat seribu pintu tersebut ketika masa penjajahan Belanda. Hingga kini, belum ada penjelasan pasti mengenai mengapa wanita Belanda muncul bergentayangan sebagai hantu berkebaya putih.

Selain daripada hantu Noni Belanda, masyarakat percaya juga akan adanya hantu prajurit Jepang dan tahanan Belanda dari masa pendudukan Jepang ketika PD II. Dapat tim Plesir katakan hal ini merujuk kepada kepercayaan warga akan orang-orang yang dahulunya berkuasa saat masa penjajahan.

Tanya Jawab Seputar Kenapa Lawang Sewu Angker

Selangkah lagi, Anda akan sampai pada penutup dari rangkuman alasan kenapa Lawang Sewu angker. Ayo lanjutkan membaca sampai akhir!

Di mana lokasi Lawang Sewu?

Lokasi tempat ini berada di Semarang, Jawa Tengah.

Bagaimana Lawang Sewu dikenal sebagai rumah angker?

Awal mulanya karena ruangan bawah tanah di tempat itu pernah menjadi tempat penyiksaan oleh serdadu-serdadu Jepang pada masa penjajahan.

Apa peristiwa yang terjadi di Lawang Sewu?

Pada zaman dahulu, terjadi peristiwa pertempuran lima hari berlangsung di tahun 1945 antara Angkatan Pemuda Kereta Api dan tentara Jepang.

Kenapa ruang bawah tanah Lawang Sewu ditutup?

Menurut berita yang beredar, ruang bawah tanah di tempat tersebut tutup karena faktor keamanan dan pengelola khawatir banyaknya pengunjung yang masuk akan mempengaruhi kontruksi bangunan.

Apakah Lawang Sewu penjara?

Ya, dahulu tempat ini adalah penjara bagi tahanan politik masa Perang Dunia II.

Berapa tiket masuk Lawang Sewu?

Harga tiket masuk tempat wisata ini sekitar Rp. 20.000 per orang dewasa dan Rp. 10.000 untuk anak-anak.

Kesimpulan: Kenapa Lawang Sewu Angker

Kesan angker Lawang Sewu ternyata sebagian besar berasal dari bangunan itu sendiri, mulai letak lantai depan hingga ruang bawah tanah. Asalnya karena orang-orang tidak menempati bangunan tersebut dalam jangka waktu lama, membuat gedung peninggalan Belanda itu menjadi sarang jin yang banyak orang percayai sebagai arwah gentayangan.

Pun demikian dengan hantu Noni Belanda, kemungkinan besar adalah jin yang berganti wujud menyerupai wanita Belanda. Berita ini mungkin saja benar adanya sebab memang bangunan Lawang Sewu sudah sangat tua, berumur seratus tahun lamanya, sudah layak seperti museum. Akhir kata, semoga informasi di atas membantu pemecahan misteri kenapa Lawang Sewu angker. Sampai jumpa di pembahasan lain!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo