Hide Menu

Belum Pernah Solo Travel Keliling Dunia? Ikuti 6 Cara Menjadi Traveler Pemula Berikut!

Cara Pertama Adalah Menentukan Tempat Tujuan Destinasi Wisata, Kedua dan Seterusnya Harus Baca Artikel Ini!

Artikel Cara Menjadi Traveler Pemula ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Cara Menjadi Traveler Pemula 2024
© freepik.com

Apa Itu Traveler Pemula?

Apa Itu Traveler Pemula?
freepik.com/jcomp

Sebelum memasuki pengertian traveler pemula, ada baiknya Anda mengetahui arti traveler terlebih dahulu. Traveler adalah sebuah istilah umum untuk menyebut seseorang yang sedang melakukan perjalanan untuk mengunjungi suatu destinasi wisata baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Lalu, apa yang disebut traveler pemula? Mereka adalah orang yang bepergian ke suatu tempat wisata yang belum memiliki pengalaman bepergian sama sekali. Oleh karena itu, sebutan mereka traveler pemula atau pelancong pemula.

Di lain sisi, penunjukan traveler pemula ini tidak hanya kepada mereka yang bepergian seorang diri. Namun, mereka yang pergi berkelompok dan tidak punya pengalaman sama sekali juga dapat disebut sebagai traveler pemula.

Pengertian ini cukup mudah Anda mengerti, bukan? Tetap bersama tim Plesir untuk menyimak penjelasan cara menjadi traveler pemula. Semangat membacanya!

Tips Traveling Bagi Traveler Pemula

Tips Traveling Bagi Traveler Pemula
freepik.com/kitzcorner

Bepergian atau travel membutuhkan perencanaan yang matang, baik untuk mereka yang terbiasa bepergian ataupun seorang pemula. Agar rencana ini dapat terlaksana dengan baik, sebaiknya traveler mahir maupun pemula mencatat tips-tips berikut!

1. Riset Tempat Tujuan

Mencari tahu secara detail destinasi wisata yang ingin Anda kunjungi membuat Plesirmania mudah dalam mendapatkan informasi seputar hal-hal menarik, penginapan terdekat, hingga kuliner khas. Pernyataan tersebut juga Suci A kemukakan dalam penelitiannya (2019).

Ia menyebutkan traveler akan mengumpulkan informasi terkait rencana perjalanannya sebagai usaha melakukan pencarian informasi. Pencarian informasi ini dapat Anda temukan di internet dan di buku.

2. Mengatur Waktu

Berlibur tidak serta-merta pergi kapan saja bila Anda inginkan. Tentu Plesirmania mempunyai segudang kegiatan yang harus diselesaikan. Oleh karena itu, pastikan Anda mengatur waktu liburan dengan tepat agar kegiatan lain tidak terganggu.

3. Coba Wisata Terdekat

Tak ada salahnya pergi jauh sebagai traveler pemula. Namun, supaya Anda tidak kaget akibat tidak terbiasa, ada baiknya pergi ke tempat-tempat wisata terdekat lebih dahulu. Dengan begitu, Plesirmania jadi punya pengalaman yang bisa diterapkan pada rencana travel mendatang.

4. Ikuti Program Trip

Sudah banyak agen travel yang menyediakan paket wisata ke berbagai tempat. Jadi, untuk traveller pemula seperti Anda yang ingin bepergian tanpa ribet, pakailah jasa agen tour and travel saja. Mereka sudah menyiapkan tiket PP, akomodasi, transportasi, dan lain-lain.

5. Bergabung dengan Komunitas

Kalau Plesirmania seorang yang tak memiliki cukup pengalaman traveling, tidak ada salahnya bergabung ke dalam komunitas wisata di dekat daerah tempat tinggal Anda. Selain dapat teman baru, Anda juga akan dapat pengalaman seru.

6. Pilih Tempat Wisata Murah

Supaya hemat biaya, Plesirmania bisa memilih destinasi wisata yang murah atau terjangkau. Contohnya, museum, pusat permainan, taman bermain gratis, dan masih banyak lagi.

7. Bertanya pada Orang yang Sudah Pernah Traveling

Tidak ada salahnya bertanya kepada orang yang punya pengalaman dalam bepergian. Oleh karenanya, bertanyalah seputar hal apa yang harus Anda persiapkan, tempat menarik mana yang perlu didatangi, dan lain sebagainya.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Cara Menjadi Traveler Pemula - Terbaru 2024

Berikutnya, yang Plesirmania tunggu-tunggu, apa lagi kalau bukan cara menjadi traveler pemula. Mari catat satu per satu poinnya! Tips ini berguna pula untuk tips solo traveling Anda, lho. Yuk, simak! 

1
Memilih Destinasi Tujuan

Jadi Tahu Harus Ke Mana

Memilih Destinasi Tujuan

2
Siapkan Dokumen Perjalanan

Untuk Mengidentifikasi Diri dan Berjaga-jaga Bila Diperlukan

Siapkan Dokumen Perjalanan

3
Siapkan Budget

Agar Persiapan Biaya Liburan Tepat Sasaran

Siapkan Budget

4
Belajar Bahasa Baru

Pengalaman Baru, Komunikasi Lancar

Belajar Bahasa Baru

5
Bawa Barang Seperlunya

Agar Tidak Menyiksa Diri Sendiri

Bawa Barang Seperlunya

6
Berangkat Sendiri

Awal Menjadi Traveler Sejati

Berangkat Sendiri

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Jadi Tahu Harus Ke Mana
© freepik.com/drobotdean
1
Jadi Tahu Harus Ke Mana

Memilih Destinasi Tujuan

Baik traveler pemula maupun yang sudah mahir sekalipun, menentukan destinasi wisata tujuan adalah hal yang penting. Gunanya yaitu untuk menemukan gambaran kota yang ingin Plesirmania tuju.

Dari sana, Anda akan mendapatkan informasi atraksi wisata menarik di sekitar area kota tujuan Anda. Terlebih lagi, Plesirmania jadi gampang menentukan kegiatan apa yang harus dilakukan di tempat tersebut.

Untuk Mengidentifikasi Diri dan Berjaga-jaga Bila Diperlukan
© freepik.com
2
Untuk Mengidentifikasi Diri dan Berjaga-jaga Bila Diperlukan

Siapkan Dokumen Perjalanan

Rekomendasi kami

Menyiapkan dokumen perjalanan, seperti KTP atau passport, sangat wajib bila Anda ingin jalan bepergian. Untuk Anda si traveler pemula, sebaiknya persiapkan dokumen tersebut dengan lengkap.

Jangan sampai tertinggal satu macam surat pentingnya. Hal ini juga sebagai antisipasi kalau di perjalanan ada hal yang tidak diinginkan dan memerlukan identitas diri Anda sebagai verifikasi.

Agar Persiapan Biaya Liburan Tepat Sasaran
© freepik.com/MolasIslamic
3
Agar Persiapan Biaya Liburan Tepat Sasaran

Siapkan Budget

Rekomendasi kami

Setelah menyiapkan dokumen penting, coba Anda persiapkan juga budget untuk traveling. Persiapkan dana yang sekiranya cukup untuk bepergian selama beberapa hari. Ada baiknya Anda menambahkan persiapan uang lebih untuk dana darurat.

Kemudian, budget harus memenuhi keseluruhan kebutuhan Anda, Ini meliputi biaya transportasi pulang-pergi (bensin kendaraan pribadi atau tiket bus, kereta, pesawat), biaya tiket masuk destinasi wisata, ongkos makan dan minum, serta biaya penginapan.

Pengalaman Baru, Komunikasi Lancar
© freepik.com/rawpixel.com
4
Pengalaman Baru, Komunikasi Lancar

Belajar Bahasa Baru

Jikalau tujuan wisata Plesirmania adalah luar negeri, wajib hukumnya mempelajari bahasa yang digunakan di destinasi tersebut. Biasanya, luar negeri lebih familiar dengan bahasa Inggris. Pelajarilah frasa atau kata yang sering digunakan sebagai rasa penghormatan bagi para penduduk di sana. Sehingga, Anda tak akan kesusahan berkomunikasi sesampainya di sana.

Hal ini berlaku juga untuk traveler pemula yang ingin bepergian di dalam negeri. Setiap wilayah di Indonesia mempunyai bahasa daerahnya sendiri-sendiri. Anda pun bisa belajar bahasa daerah yang ingin Anda kunjungi.

Agar Tidak Menyiksa Diri Sendiri
© freepik.com
5
Agar Tidak Menyiksa Diri Sendiri

Bawa Barang Seperlunya

Rekomendasi kami

Kebiasaan kurang baik tak terbantahkan bagi traveler pemula adalah membawa barang super banyak. Padahal, membawa barang banyak belum tentu akan terpakai saat liburan di tempat tujuan dan memberatkan diri sendiri saat menggendong backpack atau membawa koper.

Sebagai traveler pemula yang pengalamannya minim, agar bisa meninggalkan kebiasaan ini, sebaiknya bawa barang sesuai dengan kebutuhan saja. Untuk mengakalinya, pilah dan pilih pakaian yang menjadi prioritas utama. Jadi, Anda tidak akan kelebihan bagasi saat melancong ke tujuan. 

Awal Menjadi Traveler Sejati
© freepik.com/mdjaff
6
Awal Menjadi Traveler Sejati

Berangkat Sendiri

Supaya pengalaman pertama sebagai pelancong pemula semakin terasa, pergilah traveling sendirian atau solo travel. Cara ini dapat membantu Anda belajar lebih dalam bagaimana sih menjadi traveler sejati.

Harapannya juga dengan bepergian sendiri dapat mengurangi permasalahan yang terjadi ketika traveling di lain waktu. Misalnya, tidak lagi meninggalkan dokumen pribadi di saku celana dan kesalahan minor lainnya.

Tanya Jawab Seputar Cara Menjadi Traveler Pemula

Jangan lupa cek juga kumpulan tanya-jawab seputar traveler pemula, seperti:

Apa yang harus dilakukan saat traveling?

Mengunjungi objek wisata di tempat tujuan, mencicipi kuliner khas daerah setempat, membeli oleh-oleh berupa makanan atau barang, berinteraksi dengan warga lokal, dan lain-lain.

Apa yang dimaksud dengan traveler?

Traveler merupakan istilah bagi orang yang suka bepergian atau melakukan kegiatan traveling ke suatu tempat ke luar negeri atau dalam negeri.

Kesimpulan: Cara Menjadi Traveler Pemula

Sampailah Plesirmania pada bagian akhir tulisan ini. Intinya, tidak ada syarat menjadi traveler secara mutlak, ya. Hal terpenting adalah Anda tahu tempat tujuan wisata mana yang Anda akan datangi.

Selain itu, cara yang harus Anda lakukan adalah membawa dokumen data diri lengkap, menyiapkan budget, belajar bahasa baru, tidak membawa barang berlebihan, serta memutuskan untuk berangkat liburan sendiri untuk menambah pengalaman. Jika sudah siap, maka inilah saatnya merencanakan libur Anda! Selamat liburan! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo