Hide Menu

5 Cara Check In Hotel bagi Pemula Ini Mudah dan Gak Ribet untuk Dipahami, Catat Sekarang!

Perlu Pencarian Informasi Hotel Terlebih Dulu, Lalu Reservasi Kamar, yang Selanjutnya ada di Bawah!

Artikel Cara Check In Hotel bagi Pemula ini diposting diperbarui
4 Pembaca
Like
Cara Check In Hotel bagi Pemula 2024
© freepik.com

Ribet Gak Sih Check In Hotel Itu?

Ribet Gak Sih Check In Hotel Itu?
freepik.com

Pada kenyataanya, cara check in hotel bagi pemula itu gampang banget, lho. Tak dapat dipungkiri mungkin terdengar ribet untuk pemula yang belum pernah check in hotel. Padahal, Anda hanya perlu datang ke hotel tujuan, tunjukkan bukti pemesanan kamar hotel, dan berhasil dapatkan kunci kamar. Mudah, ‘kan?

Namun, bagi pemula yang skeptis bisa saja tiga step tersebut tampak sulit untuk dipahami. Pemula berpikir bahwa mungkin caranya bukan hanya ada tiga itu saja. Tak apa-apa, hal itu wajar bagi orang yang baru menginap di hotel.

Anda tak perlu khawatir jika tiga cara tersebut terlihat ribet. Di bagian selanjutnya, tim Plesir akan menyajikan tahapan cara check in no ribet-ribet dan mudah Anda pahami dalam sekali duduk. Mari bersama membacanya!

Hal yang Harus Diketahui Saat Menginap di Hotel

Hal yang Harus Diketahui Saat Menginap di Hotel
freepik.com

Anda harus tahu bahwa di hotel ada banyak sekali aturan. Di bawah ini merupakan hal-hal penting terkait menginap di hotel untuk Plesirmania catat:

  • Cek kebersihan kamar dan kelayakan kamar saat check in kamar. Laporkan segera ke housekeeper atau staf resepsionis jika ada masalah.
  • Perhatikan fasilitas yang tersedia, contohnya apakah AC dan fasilitas lain sudah sesuai seperti yang Anda book dan bisa digunakan semua.
  • Cek apakah brankas bekerja dengan baik agar Plesimania bisa menyimpan barang berharga.
  • Pelajari letak jalur evakuasi dan tanda-tanda darurat untuk situasi tak terduga.
  • Ikuti peraturan dan kebijakan lingkungan hotel.
  • Hati-hati saat menggunakan fasilitas elektronik agar tak terkena denda apabila rusak.
  • Jika pesanan paket kamar include breakfast, kenali juga jam dan lokasi sarapan. Supaya Anda tak lambat sampai di tempat.
E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Check In Hotel bagi Pemula - Terbaru 2024

Berikutnya yaitu perihal prosedur atau cara check in di hotel bagi pemula. Tim Plesir telah urutkan caranya secara runtut, langsung saja baca!

1
Lakukan Survei Terlebih Dulu

Perhatikan Tipe Kamar hingga Fasilitas Hotel

Lakukan Survei Terlebih Dulu

2
Reservasi Kamar

Lewat OTA atau Web Hotel Aja!

Reservasi Kamar

3
Bayar Kamar Hotel

Deposit Juga Perlu, Siapkan Dananya!

Bayar Kamar Hotel

4
Check In Hotel

Serahkan Tanda Bukti Reservasi dan Perhatikan Peraturan

Check In Hotel

5
Check Out dari Hotel

Pastikan Tidak Ada Barang yang Tertinggal dan Kembalikan Kunci di Resepsionis

Check Out dari Hotel

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Perhatikan Tipe Kamar hingga Fasilitas Hotel
© freepik.com
1
Perhatikan Tipe Kamar hingga Fasilitas Hotel

Lakukan Survei Terlebih Dulu

Rekomendasi kami

Apa hal pertama menurut Anda yang harus dilakukan sebelum book hotel? Betul, lakukan survei hotel. Survei penginapan ini termasuk memilih tipe kamar, peringkat hotel apakah bintang 1, 2, 3, 4, 5, fasilitas, harga, sampai dengan apakah hotel tersebut dekat dengan jalan perkotaan.

Anda dapat melakukan pencarian informasi seputar kamar hotel di internet, bisa melalui online travel agent (OTA) seperti Bukalapak dan Airy misalnya, blog, dan review orang yang pernah menginap di hotel yang ingin Anda pesan. Kemudian, jangan lupa perhatikan waktu check-in dan check out di setiap hotel tujuan Anda.

Alasannya tentu saja agar Anda tak salah jam untuk check in hotel. Yang ditakutkan, Plesirmania melakuakn early check-in atau masuk lebih awal tapi kamar belum siap. Bahkan, kacaunya lagi Anda harus menunggu lama sampai kamar tersebut siap. Meski tak ada aturan khusus mengenai keterlambatan saat check-in, kebanyakan hotel menerapkan waktu check-in pukul 2 atau 3 siang.

Lewat OTA atau Web Hotel Aja!
© freepik.com
2
Lewat OTA atau Web Hotel Aja!

Reservasi Kamar

Langkah kedua yaitu reservasi kamar hotel. Apabila Anda telah menentukan hotel mana dan kamar tipe apa yang ingin Anda pesan, booking secara langsung lewat OTA, melalui website hotel tersebut (kalau ada) atau datang langsung ke hotel.

Kendati demikian, tim Plesir sarankan pesan lewat OTA atau dari web resmi hotel saja karena Anda bisa menggunakan sistem layanan modifikasi pembatalan atau reschedule dengan leluasa. Apalagi, Anda bisa mendapatkan banyak promo menarik seperti harga rendah.

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan antara lain mengetahui ketersediaan kamar, tarif, dan fasilitasnya. Tak lupa, Plesirmania berkesempatan mendapatkan benefit free minibar, sarapan pagi gratis, sampai free layanan antar jemput di stasiun atau bandara jika book pesanan kamar lewat OTA atau web hotel.

Kalau pesan langsung di resepsionis atau dengan metode walk-in hotel, biasanya kamar yang Anda mau belum tentu ada dan harganya juga sedikit lebih mahal dari OTA atau situs resmi hotel. Jadi, pakai saja cara yang banyak menghasilkan keuntungan saja,.

Lalu, tentukan tanggal ingin nginep dan berapa lama Anda akan stay di hotel tersebut. Pastikan reservasi di tanggal yang tidak mengganggu jadwal sibuk Anda. Kemudian, siapkan data diri untuk pengisian reservation form berupa KTP atau tanda pengenal lain.

Deposit Juga Perlu, Siapkan Dananya!
© freepik.com
3
Deposit Juga Perlu, Siapkan Dananya!

Bayar Kamar Hotel

Rekomendasi kami

Setelah berhasil reservasi, Anda akan diminta untuk membayar pesanan kamar. Jika pemesanan telah Plesirmania lakukan lewat online, maka syarat membayar harus melalui transfer bank, pakai kartu kredit, kartu debit atau dompet digital (e-wallet). Setelah menyelesaikan pembayaran, tamu hotel akan mendapatkan kode booking kamar yang dikirim melalui email atau aplikasi OTA.

Namun, perlu Anda catat, beberapa hotel menerapkan kebijakan jaminan check-in (deposit) berupa uang tunai atau kartu kredit. Hal ini biasanya bertujuan untuk melindungi hotel dari kerusakan properti atau pengeluaran tambahan yang mungkin terjadi. Tapi tenang, deposit akan dikembalikan saat Plesirmania check out.

Serahkan Tanda Bukti Reservasi dan Perhatikan Peraturan
© freepik.com
4
Serahkan Tanda Bukti Reservasi dan Perhatikan Peraturan

Check In Hotel

Saat paling ditunggu-tunggu yaitu cek in masuk hotel. Pertama-tama, pergilah ke hotel tujuan Anda dan check in pada jam yang telah ditentukan. Proses ini tak akan berlangsung lama, seperti kata Ni Kadek (2021), umumnya penanganan check in dilakukan tidak lebih dari 3 menit. Hal ini bertujuan agar tamu tidak perlu menunggu terlalu lama saat registrasi.

Lalu, datangilah meja resepsionis untuk konfirmasi pesanan dan tunjukkan bukti reservasi kode booking Anda ke staf penjaga apabila pesan lewat OTA atau web hotel. Jika Anda pesan lewat telepon langsung misalnya, siapkan data diri seperti KTP atau paspor.

Setelah pengecekan tersebut selesai, Anda akan diberi kunci kamar dan petugas akan menerangkan sedikit informasi seputar layanan room. Informasi ini dapat berupa info jam makan, tempat aula, cafe, kolam renang, ruang olahraga, dan lain-lain. Apabila ingin tambahan info lain, segera tanyakan saja kepada staf hotel.

Pastikan Tidak Ada Barang yang Tertinggal dan Kembalikan Kunci di Resepsionis
© freepik.com
5
Pastikan Tidak Ada Barang yang Tertinggal dan Kembalikan Kunci di Resepsionis

Check Out dari Hotel

Rekomendasi kami

Apakah sudah saatnya checkout? Jika demikian, maka Plesirmania harus melakukan prosedur checkout yang telah ditentukan pihak hotel. Seperti yang tim Plesir sampaikan di awal bahwa rata-rata jam check out adalah 12 siang. Hal ini menunjukkan arti bahwa Anda tak bisa check out dengan bebas.

Kalau Anda terlambat cek out, akan ada tambahan biaya karena keterlambatan. Proses cek out atau keluar kamar bisa Anda mulai dengan memeriksa kembali semua sudut kamar untuk memastikan tidak ada barang yang tertinggal. Kemudian, kembalikan kunci kamar ke meja resepsionis. Selesai!

Tanya Jawab Seputar Cara Check In Hotel bagi Pemula

Kenali pula beberapa daftar pertanyaan sebelum menyelesaikan artikel tata cara masuk hotel bagi pemula. Berikut daftarnya:

Bagaimana cara check-in di hotel?

Pergi ke meja resepsionis, lalu sampaikan pada petugas bahwa Anda telah book kamar lewat online travel agent.

Apakah KTP ditahan saat check-in hotel?

Jawabannya tidak. KTP Anda tidak akan ditahan oleh pihak hotel saat check-in.

Apakah check-in hotel harus bayar dulu?

Ya, Anda harus bayar dulu. Kalau tidak, Plesirmania tidak boleh masuk kamar hotel.

Apakah bisa check-in di hotel langsung?

Ya, bisa. Akan tetapi, kamar hotel harus ada yang kosong. Baru Anda bisa check-in langsung.

Kesimpulan: Cara Check In Hotel bagi Pemula

Usai sudah tim Plesir merangkum cara masuk hotel bagi pemula. Pastikan Anda mencatat seluruh nama metode di atas, dari melakukan survei hotel sampai keluar kamar.

Tim Plesir sarankan untuk memerhatikan ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam penginapan tujuan Anda. Jadi, Anda tidak akan kebingungan dengan peraturan yang ada. Semoga artikel ini membantu dalam perjalanan liburan Plesirmania!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo